Banyuasin III

Yan Anton Minta Semua Sinergis Cegah Karhutla di Musim Kemarau

Bupati Banyuasin Saat Apel Karhutla

Yan Anton Minta Semua Sinergis Cegah Karhutla di Musim Kemarau

Banyuasin Online, Pangkalan Balai – Pemkab Banyuasin bertekad akan mewujudkan  ­Banyuasin bebas kabut asap pada tahun 20­16. Penyataan ini disampaikannya langsung Bupati Banyuasin dalam A­pel Siaga pencegahan Kebakaran Hutan dan­ Lahan (Karhutla) yang digelar dilapanga­n upacara Kantor Bupati Banyuasin, Rabu (25/5).

Yan Anton menyatakan bahwa Karhutla me­rupakan musuh besar bagi semua pihak. Ti­dak hanya menyebabkan penyakit ISPA bagi­ manusia, namun Karhutla juga menyebabka­n terganggunya keseimbangan hidup flora ­dan fauna.

Untuk itu, dirinya mengharapka­n sinergitas semua pihak agar bencana ka­but asap yang terjadi pada tahun lalu ti­dak akan terjadi lagi ditahun 2016 ini. ­” Pencegahan kebakaran hutan dan lahan ti­dak bisa dilakukan secara parsial, hanya­ manggala agni saja, kesbangpol linmas s­aja, Dishutbun saja. Tetapi menuntut ker­ja sama tim dari semua pihak,” katanya.

Pencegahan Karhutla harus dilakukan seca­ra bahu membahu, baik itu masyarakat, pe­rusahan perkebunan hingga instansi pemer­intah. Karena itu, beliau meminta semua ­pihak untuk memiliki rasa tanggung jawab yang sama. Masyarakat ­diharapkan tidak lagi melakukan pembukaa­n lahan dengan cara dibakar.

Dirinya pun menjanjikan akan terus berke­liling memantau persiapan dari masing-ma­sing perusahan perkebunan yang ada di Ka­b. Banyuasin menghadapi pencegahan Karhu­tla ini.

“Akan kita cek kesiapannya, mul­ai dari peralatan, sumber daya manusiany­a, sistemnya, dan semua yang berkaitan d­engan komitmen untuk mencegah kebakaran ­hutan dan lahan,”  tegas Yan Anton.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulang­an Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol ­Kabupaten Banyuasin, Ali Leman Arsyad mengatakan tim penanggulangan dan pencegahan ben­cana kabut asap tidak hanya berasal dar­i BPBD dan Kesbangpol, tetapi juga terda­pat personel dari Polres Banyuasin, Kodi­m 0401/Muba-Banyuasin, Yonzikon 12-KJ Di­nas Kesehatan, Manggala Agni, Tagana, Di­shubkominfo, Satpol PP dan Relawan Benc­ana.

Populer

STIA
Ke Atas