Berita Sumsel

Tak Biasa, Wow! Bupati Ini Menyembelih Sendiri Hewan Kurbannya

Banyuasinonline.com, Lahat – Biasanya para pejabat atau orang yang berkurban mengamanahkan kepada panitia/badan kurban untuk memotongkan hewan kurbannya, namun hal yang tak biasa ditunjukkan oleh Bupati Kabupaten Lahat Saifudin Aswari Rivai, Bupati yang akrab dipanggil Kak Wari ini memotong sendiri hewan kurbannya di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Lahat, Sabtu (2/9/2017).

Aswari tak ingin melewatkan begitu saja perayaan Idul Adha tahun 2017. Sebagai rasa syukur sekaligus tanda pengorbanan, Kak Wari mempersembahkan kurban sapi pada perayaan tersebut.

Pada lebaran Idul Adha tahun 2017 ini, sebanyak 35 Ekor Sapi Kak Wari kurbankan untuk seluruh pelosok Kabupaten Lahat.

Pada prosesi pemotongan hewan kurban di Makodim Lahat, Aswari sengaja memotong hewan kurbannya sendiri yang memiliki bobot 120 kh hingga 150 kg. Aswari mengaku hal tersebut ia lakukan sebagai ungkapan rasa syukurnya.

“Kak Wari bersyukur bisa berkurban dan Kak Wari sengaja memotong sendiri hewan kurban tersebut agar dapat merasakan agungnya kuasa Tuhan,” ucap Aswari seperti dikutip Okezone.

“Agungnya kuasa Tuhan menggantikan hewan untuk kita berkurban. Terbayang oleh kita saat menyembelih hewan kurban tersebut seandainya kurban itu adalah manusia atau orang yang sangat kita sayangi. Saat kita melaksanakan pemotongan kurban sendiri kita bisa secara batin berterima kasih kepada hewan kurban itu karena telah dikurbankan di jalan Tuhan,” kata Kak Wari.

Aswari mengatakan, hewan kurban yang disembelihnya ini nanti akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Lahat.

“Banyak hal yang Kak Wari rasakan saat langsung memotong kurban tersebut. Hampir setiap kurban Kak Wari lakukan sendiri. Ada 35 kurban yang kita bagikan keseluruh masjid dan pesantren, bobot 120kg sampai terbesar 180 kg,” ujar Ayah empat putri ini. (Der)

STIA
Ke Atas