Muba

Wabup Muba Beni Hernedi Bekarang di Danau Siara

Wabup Muba Beni Horned Bekarang di Dana Siara

Banyuasinonline.com, Batang Hari Leko – Wakil Bupati (Wabub) Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi bersama ratusan warga bersama – sama turun ke Danau Siara, di Desa Tanah abang, Kecamatan Batang Hari Leko, Muba, mereka tampak ceria saat melakukan tradisi mencari ikan dengan terjun langsung ke sungai yang dinamakan Bekarang.

“Kalau bukan kita sebagai warga Muba, siapa lagi yang mau melestarikan tradisi,” Ujar Beni kepada awak media Minggu (13/8).

Beni menjelaskan, Bekarang merupakan tradisi masyarakat Muba berupa aktivitas mencari ikan. Bekarang dilakukan saat air atau sungai surut. Tradisi ini juga menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Muba tepatnya di Kecamatan Batang Hari Leko. Keunikan dari tradisi bekarang ini yaitu masyarakat tidak mengambil ikan memakai pancing dan berada di pinggir sungai, melainkan turun langsung menggunakan tangan atau alat bernama tangkul atau jala.

“Semua terjun bersama, jadi, suasana kekeluargaan semakin terbangun saat ini, saya berharap atmosfer kebersamaan ini dapat memperkuat semangat dalam bersama-sama membangun Muba agar Maju Berjaya.” Ajaknya.

Nurlela, salah seorang warga tampak terkejut, saat menyadari Wabub Beni Hernedi turun langsung kesungai bersama warga saat aktifitas bekarang tersebut, ia tidak menyangka, Beni mau berendam disungai bersama rakyatnya,

“Laaa yek, ade pak wabub, ku dak tau tadi, kiroku siapo?, Pak Beni memang Kece,” ujarnya.

STIA
Ke Atas