Banyuasin

Ujian Sekolah Berbasis Ilmu Tehnologi (IT) Lebih Praktis Dan Efektif

SMKN Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan Drs. Muhammad Syafwan, MM saat dibincangi wartawan (8/12).

Banyuasin, Banyuasinonline.com – Baru kali pertama disekolah ditingkat sekolah lanjutan atas kejuruan (SLTA/SMK) diselenggarakan ujian sekolah berbasis Ilmu Tehnologi (IT) dengan menggunakan Android, ternyata lebih praktis, efektif dan sangat disukai seluruh siswanya, ucap Kepala Sekolah SMKN Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan Drs. Muhammad Syafwan, MM saat dibincangi wartawan (8/12).

Untuk di Kabupaten Banyuasin, untuk SMKN yang menyelenggarakan ujian sekolah menggunakan Android baru di sekolah yang dipimpinnya, sedangkan yang Swasta hanya di SMK Satria Nusantara Betung.

“Ujian sekolah menggunakan Android ini baru diselenggarakan untuk tahun ajaran 2017/2018 dan sejak awal ujian dilaksanakan sekolah ini ada sebanyak 530 siswa dari kelas X hingga kelas XII sudah menggunakan Android dan jaringan yang digunakan menggunakan Wi-Fi sekolah.” jelasnya.

Masih menurutnya, dengan sistem tersebut terlihat siswanya terlihat lebih bersemangat bahkan lebih konsentrasi dan buktinya para siswa dalam mengerjakan ujian sebanyak 40 soal lebih cepat dan para dewan guru juga lebih efektif dalam mengoreksi jawaban hasil kerja siswa.

“Di tambahkan nya, dari 40 soal itu jika dalam jawaban siswa benar semua nilainya 100, jika siswa dalam menjawab soal ada yang salah pun mudah dipantau dan siswa diminta mengulangi jawabannya.” ungkapnya.

Sementara, salah seorang siswa yang sempat dibincangi wartawan mengungkapkan ujian menggunakan Android lebih cepat, sebab setelah kami diberi programnya, lalu kami klik program itu muncul soal-soalnya.

“Kami mengerjakan ujian dengan 40 soal itu hanya butuh waktu 20-30 menit saja sudah selesai dan hasil jawaban juga langsung kami bisa dikoreksi oleh guru kami, maka jika dari jawaban kami ada yang salah cepat diketahui dan kami lakukan ujian ulang.”jelasnya

Pokoknya menggunakan Android ujian sekolah ini lebih mudah, cepat, praktis dan efektif, apalagi pelaksanaannya Jaringan kami menggunakan Wi-Fi sekolah.

“Ya hari ini ujian hari terakhir ujian dan kami berangkat ke sekolah untuk mengikuti ujian sekolah pada semester ganjil ini cukup bawa hape android ini saja, kan tidak ribet lagi kami belajarnya dan tidak tergantung dengan keberadaan listrik, walau sedang listrik padam ujian kami tidak terganggu dan kami hanya menggunakan atribut sekolah saja” tuturnya bersemangat. (AS)

Editor : FSS

Ke Atas