Bisnis

Tips Mencari Peluang Usaha Di Sekitar Kita

Tips Mencari Peluang Usaha Di Sekitar Kita

foto google

Banyuasin Online – Mencari peluang usaha terkadang terasa sulit untuk di dapatkan, berbagai alasan sering terpikirkan sehingga usaha tidak kunjung di mulai. Dari mulai masalah ketersediaan modal, takut gagal, tidak memiliki keterampilan, hingga bingung untuk memilih usaha mana yang akan di kerjakan.

Alasan-alasan tersebut hendaknya segera di cari solusi penyelesaiannya jika tidak ingin berlarut-larut tidak memiliki penghasilan. Sebabnya sebuah usaha jika belum di coba di jalankan hanya akan menjadi sebuah angan-angan tanpa kenyataan, kita akan semakin jauh tertinggal menuju puncak kesuksesan yang di idam-idamkan.

Jika kita merasa sulit untuk memilih usaha yang akan di jalankan, ada baiknya untuk memulai mencari peluang usaha yang ada di sekitaran kita terlebih dahulu, sebelum jauh mencari kemana-mana. Sebabnya banyak yang bisa di bisniskan dengan menganalisa di sekitar lingkungan dimana kita tinggal.

Kelebihannya jika kita menjalankan peluang usaha yang ada di sekitar tentunya lebih praktis untuk di kerjakan, karena dekat dengan tempat tinggal, selain itu kita juga akan lebih mengetahui dengan jelas setiap seluk beluk yang ada, yang akan mempengaruhi usaha nantinya.

Cari Usaha Yang Paling Berpotensi

Kita bisa memulai dengan mengamati lingkungan sekitar, melihat peluang usaha apa yang berpotensi berkembang di daerah tersebut. Caranya dengan mengamati bisnis apa yang paling sukses di daerah kita. Misalnya ada sebuah rumah makan yang kita ketahui berdirinya sudah sejak lama, dan di mulai dari kecil-kecilan, hingga kini bisa menjadi rumah makan yang besar.

Itu berarti usaha rumah makan di daerah anda memiliki potensi yang bagus untuk di jalankan. Dan kita pun sah-sah saja jika akan mengikuti jejak usaha tersebut. Tentu saja dengan konsep yang berbeda, dan lebih dilengkapi dari usaha yang sudah ada.

Begitu pula jika ada bidang usaha lainnya, dengan mengamati lingkungan sekitar kita akan mengetahui usaha-usaha mana yang berhasil bertahan dan juga yang tidak. Tinggal kita pilih mana yang paling sesuai dengan bidang yang di miliki.

Amati Keperluan Yang Paling Di Butuhkan

Dengan keseharian kita berada di daerah yang kita tinggali, tentunya tidak sulit menganalisa keperluan apa yang paling berpeluang dibutuhkan masyarakat sekitar. Misalnya saja daerah tempat kita tinggal dekat dengan sekolahan, maka keperluan penunjangnya pasti sangat di perlukan, seperti toko buku, tempat fotocopy, jajanan, dan lain sebagainya.

Contoh lain misalnya, daerah yang sering dilalui pengendara dari luar kota. Maka akan sangat cocok jika kita jajakan oleh-oleh yang menjadi khas daerah kita, atau dirikan warung kopi tempat istirahat para pengendara.

Dengan mengetahui keperluan di butuhkan di sekitar kita, usaha yang dijalankan bisa lebih tertarget dan konsumennya telah tersedia, tinggal bagaimana mengolahnya dengan benar dan menarik perhatian masyarakat agar mendatangi usaha kita.

Memanfaatkan Usaha Di sekitar

Mencari usaha yang ada di sekitar kita juga bisa dengan cara bekerja sama dengan usaha yang telah berjalan. Artinya kita jalin hubungan dengan menjadi suplier atau pun dengan memasarkan produk hasil olahannya. Contoh kecil misalnya, jika ada warung yang ramai pengunjungnya, kita bisa berpeluang membuat produk untuk di titipkan pada warung tersebut, bisa berupa makanan ataupun barang.

Contoh lain, misalnya daerah kita ada pengrajin yang memproduksi suatu produk yang telah sukses di pasaran, kita bisa upayakan mencari pasar lain yang masih berpotensi untuk memasarkan produk tersebut.

Dengan memanfaatkan usaha yang sudah ada di sekitar, kita bisa dengan mudah berkonsultasi, karena kehadiran kita tentunya tidak asing lagi bagi mereka, dengan begitu bisa sama-sama menghasilkan keuntungan. (infopeluangusaha)

Ke Atas