Banyuasin III

Tim Baketpan Pantau Harga Pangan di Pasar Pangkalan Balai

Baketpan Banyuasin pantau harga bahan pokok di banyuasin

Tim Baketpan Pantau Harga Pangan di Pasar Pangkalan Balai

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Badan Ketahanan Pangan (Baketpan) Kabupaten Banyuasin memastikan harga kebutuhan pangan di pasar tradisional masih relatif stabil. Kepastian ini didapat setelah Tim dari Baketpan memantau langsung harga kebutuhan pangan di Pasar Pangkalan Balai pada Rabu, 1 Juni 2016.

Kepala Baketpan Banyuasin, Ir.Hj. Anna Suzanna, Msi yang ikut terjun memantau harga menjelaskan tujuan kegiatan ini dilakukan. “Pemantauan dilakukan untuk melihat langsung kenaikan harga kebutuhan pangan yang mulai mengalami kenaikan menjelang puasa” katanya.

“Setelah kami lakukan pemantauan harga di Pasar Pangkalan Balai, harga kebutuhan pangan masih relatif stabil. Seperti beras mengalami kenaikan masih dalam batas ambang wajar, jika pun melonjak itu hanya beberapa item komoditi pangan saja,” Lanjut Anna memastikan.

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan diantaranya seperti harga telur ayam dan gula pasir. Kenaikannya cukup signifikan hingga mencapai 15-20% dari bulan sebelumnya sebelum dilakukan pemantauan harga. Dimana, harga gula pasir menyentuh harga Rp15.000 dari harga sebelumnya Rp13.000. Sementara telur ayam kenaikannya sebesar Rp4.000 dari harga Rp18.000.

Sementara, harga beras mengalami kenaikan rata-rata Rp1.000 yang dijual pedagang di Pasar Pangkalan Balai. “Beras, untuk saat ini masih relatif stabil juga, tidak melonjak tinggi kenaikannya,” kata mantan Kepala BKD Banyuasin ini.

Kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada harga daging sapi yang saat ini mencapai Rp140.000 dari harga sebelumnya Rp115.000. Juga harga daging ayam ras mengalami kenaikan dari Rp26.750 menjadi Rp38.000. “Bisa dikatakan rata-rata kenaikan sekitar 15-20%,” tegas dia.

Selanjutnya hasil dari pemantauan harga ini akan dikoordinasi dengan instansi lainnya untuk dicarikan antisipasinya. “Akan kita laporkan juga ke Diskoperindag Banyuasin. Mungkin nanti bisa diselenggarakan Pasar Murah untuk menekan harga di pasar” ungkapnya.

Sementara untuk harga, pihak Baketpan Banyuasin mengharapkan pedagang bisa mengambil langsung ke produsen beras seperti memanfaatkan program Toko Tani. “Kan bisa memutuskan mata rantai, pasar bisa ambil langsung ke produsen beras sehingga harganya bisa lebih murah” sarannya. (Rilis)

STIA
Ke Atas