Berita Palembang

Tercatat Sebanyak 2.700 Penderita AIDS Maupun Virus HIV Di Sumsel.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumsel, Dra Lesti Nurainy Apt MKes.

Palembang, Banyuasinonline.com – Setiap tahunnya, Hari Aids sedunia diperingati pada tanggal 1 Desember. Kegiatan rutin yang sering dilakukan para relawan dalam memperingati hari tersebut, yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai tempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumsel, Dra Lesti Nurainy Apt MKes mengatakan, data penderita HIV Aids yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), tercatat 2.700 penderita baik AIDS maupun virus HIV di Sumsel.

“Apabila tidak ditangani kita akan kehilangan produktivitas di usia muda, kegiatan Germas yang sering kita adakan merupakan suatu publikasikan tentang hidup sehat, yaitu beraktivitas dengan berolahraga minimal 30 menit sehari, makan buah dan sayuran dan mendeteksi penyakit temasuk HIV Aids,” ujarnya, Kamis (30/11/2017).

Sementara, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Ferri Yanuar SKM MKes, menjelaskan total untuk penderita penyakit HIV plus Aids di Sumsel hingga saat ini berjumlah 2700, dengan persentase 50 persennya berasal dari Kota Palembang.

“Untuk angkanya saya tidak hafal, tetapi dari 2700 total penderita HIV plus Aids di Sumsel setengah itu dari Palembang dan lebih banyak diderita oleh kaum laki-laki,” jelasnya.

Lanjutnya, yang lebih menjadi perhatian Dinkes Provinsi Sumsel, yaitu 76 persen penderita lebih banyak menyerang usia produktif yang mulai dari usia 20 tahun hingga 50 tahun. “Kendala yang sering kita temui yaitu banyaknya masyarakat yang kurangnya pemahaman serta ketakutan mereka terhadap hasil untuk pengecekan penyakit tersebut,” pungkasnya.

Editor : Futri S. S

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − 17 =

STIA
Ke Atas