Asian Games 2018

Stasiun LRT Gunakan 15 Jenis Tangga

Banyuasinonline.com, Palembang – Kementerian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Dinas Perhubugan (Dishub) Sumsel, Kontraktor kereta ringan PT Waskita Karya menyepakati lima jenis konsep tangga yang digunakan pada pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang.

Kepala bidang perkeretaapian Dishub Sumsel, Afrian Joni mengatakan, awalnya tangga untuk LRT belum fix dan masih berubah-ubah. Namun saat ini pihaknya sudah menasuki desain akhir untuk tangga LRT tersebut. “Sudah dirapatkan dan sudah ada desain terbarunya,” ucapnya saat diwawancarai di Kantor Dishub Sumsel, Selasa (25/7).

Menurutnya, awalnya tangga LRT tersebut menggunakan Ramp, namun setelah dilakukan pengkajian, untuk Ramp memerlukan lahan yang cukup panjang. Tapi ketika diaplikasikan di lapangan ternyata terkendala lahan, terutama pada lahan milik warga.

“Kalau untuk lahan milik pemerintah tidak masalah, tapi kalau lahan milik warga tentu butuh waktu untuk pembebasan,” terangnya.

Lanjut Afrian, makanya beberapa titik yang tidak berada di lahan pemerintah dan area sempit dilakukan kajian. Disepakati, dari 13 stasiun tersebut menggunakan lima jenis tangga naik turun penumpang yakni ramp, travelator, tangga biasa, eskalator dan lift.

Diterangkannya, yang menggunakan travelator hanya di stasiun Bandara dan Jakabaring. Pakai ramp dan lift Stasiun Polda, SMKN 2, Dishub Sumsel, Ampera, Polresta dan OPI Mall. “Sedangkan stasiun Pasar Cinde pakai ramp, lift dan eskalator,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya, ada juga yang akan dipasang sky bridge yakni Bandara, RSUD Provinsi, Palembang Icon Mall, Pasar Cinde, stasiun Jakabaring serta Depo OPI Mall.

“Untuk titik tadi yang disebutkan akan dipasang aky bridge dan sudah ada izinnya,” ungkapnya.

Penentuan tangga ini sudah melalui berdasarkan kajian. Diantaranya, tingkat keamanan stasiun, lahan, kenyamanan hingga manfaat stasiun dan lainnya. “Ada banyak faktor yang dijadikan pertimbangan agar keberadaan stasiun ini bisa bermanfaat,” tukasnya.(*)

STIA
Ke Atas