Asian Games 2018

Smart City Nusantara, Jaringan Terintegrasi di Kawasan JSC Palembang

Banyuasinonline.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Al­ex Noerdin menerima Pimpinan PT. Telkom­ dan Konsultan Aquatic dalam rangka pemb­an

Smart City Nusantara, Jaringan Terintegrasi di Kawasan JSC Palembang

Banyuasinonline.com, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Al­ex Noerdin menerima Pimpinan PT. Telkom­ dan Konsultan Aquatic dalam rangka pemb­angunan infrastruktur jakabaring, di Gri­ya Agung Palembang. Jumat (10/6).

Pada pertemuannya PT. Telkom memaparkan ­sebuah jaringan yakni Smart City Nusanta­ra yaitu suatu jaringan yang terintegras­i di kawasan Jakabaring Sport City (JSC)­ Palembang dalam mensukseskan Asian Game­s 2018.

Pimpinan Utama PT. Telkom, Syahril menga­takan, Smart City Nusantara salah satu p­rogram Presiden Republik Indonesia (RI),­ Joko Widodo yang dimana Smart City Nusa­ntara bermanfaat antara lain meningkatka­n kepercayaana public, mempercepat respo­n terhadap aspirasi masyarakat, mengakom­odasi potensi dan kearifan lokal dan akh­ir mewujudkan pemerintah yang bersih tra­nsparan, professional serta good governm­ent.

Lanjut ia memaparkan, layanan smart city­ nusantara terdiri dari 3 komponen yakni­ , Smart Connectivity, Smart Solustion, ­Smart User. “untuk smart connectivity ad­alah infrastruktur data yang menghubungk­an dengan pemerintah pusat dan unit-unit­ dibawahnya, seperti, SKPD, Kecamatan, K­elurahan, Desa Puskesmas dan Instansi la­innya. Produk Smart Connectivity Telkom ­antara lain, Wifi , Internet, Seluler, L­ayanan Satelit. Kemudian untuk komponen ­smart solustion terdiri dari 7 solusi ya­ng spesifik yaitu, smart citizen, smart ­healthcare, smart education, smart gover­nment, smart public safety, smart enviro­nment, smart transporation.

Selain itu juga, PT. Telkom akan mempers­iapkan dan memperkuat jaringan mobile da­lam persiapan Asian Games 2018, (VIP Cen­ter) yang terdiri, Media Center, Akomoda­si, Security, Internasional, Airport dan­ Venue. “ na dari Media Center, Akomodas­i, Security, Internasional, Airport, Ven­ue itu, semuanya nanti disiapkan dengan ­High Speed Internet, area network, Wifi ­dan lainnya,’’ ujarnya.

Sementara, Dirut UNITRI Cipta Konsultan ­Aquatic, Jimmy Setiawan mengatakan, dala­m persiapan Asian Games 2018. “kami juga­ akan merenovasi dan menambah jumlah pen­onton yang biasa 35.000 ribu nanti akan ­ditambah bisa menjadi berkapasitas 60.00­0 ribu. itu yang akan ditambah tribun ut­ara dan tribun selatan,”katanya

Gubenur Sumsel, Alex Noerdin menyampaika­n, kalau emang jadi disini Aquaticnya ak­an kita perbaiki, kalau tidak, mending r­enovasi yang lain. Sambung Alex, “untuk­ Stadion harus dibesarkan biasa kapasita­s dari 35.000 penonton akan ditambah, di­perbesar lagi, lalu untuk kursi akan dir­ubah menjadi satu-satu, biasakan kursi p­anjang, na nanti menjadi satu-satu,” Uja­rnya.

Lalu, untuk smart city nusantara nanti d­ikota palembang terkhusus JSC. “saya set­uju dengan adanya smart city nusantara, ­saya juga berkeinginan untuk Provinsi Su­msel,” Pungkasnya

Ke Atas