Pemerintah

Robinsyah, Banyak Masyarakat Belum Tau Tentang Bank Sampah

Istimewa.

Baturaja, Banyuasinonline.com – Masyarakat Bingung Apa Itu Bank Sampah, Direktur atau Pimpinanan Kantor Induk Bank Sampah Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU, Ahmad membantah jika selama ini pihak nya kurang melakukan sosialisasi atau pemberitahuan langsung kepada kantor dan Dinas serta masyarakat OKU Provinsi Sumsel. Akan bagaimana cara dan prosedur juga keuntungan yang di dapat mengenai bank sampah.

Seperti disampai kan oleh Robinsyah, Sekertaris disalah satu kantor kabupaten OKU. Robinsyah mengatakan jika selama ini hanya mengetahui saja tentang himbauan itu namun belum tau dan jelas nya bagaimana cara kerja atau prosedur nya.

“Iya selama ini kami memang sudah mengatahui tentang bank sampah ini, tapi kami tidak tau bagaimana cara kerja prosedur nya, apakah sesudah sampah dikantor ini kami kumpul kan, setelah itu pihak bank sampah akan datang untuk mengambil nya. Atau kami yang akan mengantar kan nya kesana” ungkap Robinsyah, saat dibincangi diruang kerja nya, senin (15/1) lalu.

Robinsyah juga meyampaikan alangkah lebih baik nya jika pihak pihak bank sampah mengadakan sosialisasi dan mendatangi langsung satu persatu ke setiap Dinas dan kantor beserta masyarakat untuk menjelas kan prosedur tentang bank sampah ini serta bagaimana cara kerja nya.

” jika kami sudah tau dari awal maka kami pasti tidak akan terlambat melakukan penyetoran seperti sekarang. Karna menurut saya program yang didukung Bupati kita ini sangat bagus dan bermutu, juga berdampak baik kepada masyarakat akan penting nya menjaga kebersihan lingkungan, selain itu dengan mengikuti program ini masyarakat juga bisa mendapat keuntungan materi. Dengan cara mengumpul sampah lalu menyetor kan nya”tandas Robinsyah, yang diketahui jika besok nya pihak nya melakukan penyetoran ke bank sampah.

Terpisah, sementara itu mengenai hal tersebut Ahmad selaku Direktur bank sampah seperti nya membenar kan akan informasi minim nya sosialisasi pihak nya kepada Dinas dan kantor beserta masyarakat OKU. saat dihubungi melalui pesan whatsapp ia mengatakan.

“Kemarin sudah saya jelaskan mas, bahwa memang kami agak kurang juga dalam pemberitahuan dengan mendatangi langsung kantor Dinas tersebut, tapi sejak awal waktu kami presentasi dulu di Pemda seluruh Dinas itu sudah diundang. Dan disana sudah kami jelaskan semua, terus dari surat surat yang sudah pernah kami layangkan kepada mereka bahwa penyetoran saat ini sudah bisa di lakukan. Hal itu sesuai juga dengan perintah bapak Bupati, melalui surat yang kami kirimkan ke seluruh Dinas itu sudah cukup jelas, dan ini juga sebagai masukan buat kami kekurangan tersebut. Setelah tutup semester awal dibulan ini akan kami perbanyak sosialisasi lagi, terimakasih untuk masukan nya” jawab Ahmad, kamis (18/1).

Menganai hal ini, Ida salah seorang warga kota Baturaja, yang sehari hari nya sebagai ibu rumah tangga ini. Mengaku tidak tahu sama sekali apa itu bank sampah karna selama ini diri nya merasa tidak ada pihak atau orang yang datang untuk memberi tahu tentang keberadaan serta pungsi dan manfaat nya bank sampah ini.

“Iya saya tidak tau pak bank sampah itu apa. Maklum saya ini hanya masyarakat biasa juga hanya ibu rumah tangga yang kurang pengetahuan, apa lagi kalau tidak ada yang memberi tahu” pungkas nya.(yos)

Ke Atas