Internasional

Selama Ramadan, Walikota London Akan Buka Puasa Bersama di Masjid, Gereja dan Sinagog

Sadiq Khan Buka Puasa

Selama Ramadan, Walikota London Akan Buka Puasa Bersama di Masjid, Gereja dan Sinagog

Banyuasinonline.com, LONDON – Di bulan Ramadan ini, Wali Kota London Sadiq Khan akan menggelar buka bersama di gereja dan sinagoga. Ramadan tahun ini akan menjadi kali pertama politisi muslim itu menjalani ibadah puasa sebagai Wali Kota London.

Karenanya, Khan ingin menjadikan bulan Ramadan kali ini sebagai kesempatan untuk menghapus pandangan buruk publik soal Islam. Satu hal yang ingin ia lakukan di bulan Ramadan ini adalah menggelar buka bersama untuk publik Inggris.

Namun, Khan mengatakan buka bersama itu tak hanya akan digelar di sejumlah masjid di penjuru kota tersebut. Buka bersama juga akan dilakukan di beberapa gereja dan sinagog di London, selama bulan Ramadan ini.

Menurutnya, ini adalah zaman di mana diskusi untuk bertukar pikiran soal masyarakat dan budaya sudah bebas dilakukan. Di bulan Ramadan ini, Khan menyarankan agar topik berpuasa dijadikan jembatan komunikasi dan silaturahmi bagi sesama umat beragama.

“Saya bahkan punya teman-teman yang mau ikut berpuasa sebagai ungkapan solidaritas, meski puasanya tak penuh,” ceritanya.

Warga muslim di Inggris tahun ini akan menjalani waktu puasa yang cukup panjang, yaitu hingga 20 jam. Hal itu disebabkan oleh musim panas yang terjadi di belahan bumi bagian utara, menjadikan matahari muncul lebih lama. Sumber: Independent/The Guardian

STIA
Ke Atas