Bisnis

Permudah Urusan Perizinan, Banyuasin Bentuk Paten

Paten Banyuasin

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Mayarakat Banyuasin bakal lebih mudah mandapatkan pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Oleh sebab itulah Pemkab mengeluarkan terobosan baru untuk mewujudkan tata pemerintahan dan pelayanan publik yang profesional, responsif, inovatif dan efektif.

“Kita berkomitmen memperpendek jalur birokrasi dalam urusan pelayanan terhadap masuarakat,” kata Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM.

Program yang bernama Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) ini secara resmi diluncurkan oleh Wakil Bupati selaku Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM, Kamis (6/4) di Kantor Camat Talang Kelapa Kab. Banyuasin.

Hadir dalam peluncuran itu, Ketua DPRD Banyuasin H Agus Salam, Kajari Banyuasin LA Kamis, Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi , SH., S.Ik. dan sejumlah Kepala OPD serta Camat se-Kabupaten Banyuasin.

Wabup selaku Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM berharap dengan adanya program Paten yang digiatkan di kantor kecamatan, maka masyarakat bisa terbantu dalam hal mengurus perizinan.

“Sebagai langkah memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik, maka diadakanlah Paten ini. Dengan cara ini, masyarakat tidak perlu repot ke Pangkalan Balai karena bisa mengurusnya di kantor camat,”ungkap Supriono didampingi Ketua DPRD Banyuasin, H Agus Salam.

Supriono berpesan, agar Paten dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tidak ada alasan lagi bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk malas mengurus perizinan bahkan administrasi-administrasi lainnya. Karena, pemerintah kini semakin dekat dengan masyarakat.

“Dan petugasnya juga harus memberikan pelayanan yang baik, jangan mempersulit. Mudah-mudahan program ini cepat diikuti kecamatan lain, agar dapat memperpendek pelayanan publik,”bebernya.

Paten di kantor kecamatan ini, melakukan pelayanan seperti pencatatan kelahiran, akta kematian, kartu keluarga, IMB, SITU/SIUP/TDP/TDI/IUI, SPHT, surat pelepasan atau pengalihan hak atas tanah, surat keterangan ahli waris dan keterangan tidak mampu.

‎Dia menghimbau, agar masyarakat dapat memanfaatkan program Paten yang akan dibuka disetiap kecamatan tersebut. Agar proses pelayanan yang bersifat tertentu dapat dipersingkat, seperti perizinan sehingga tidak perlu lagi ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyuasin.

Di hari pertama usai diresmikan, Paten di kantor Camat Talang Kelapa sendiri langsung diserbu masyarakat. Sejak pagi, puluhan masyarakat dan pelaku usaha langsung memanfaatkan program ini.

Respon masyarakat pun sangat bagus. Mereka mengaku puas dengan program yang diluncurkan Wakil Bupati selaku Plt Bupati Banyuasin, Ir SA Supriono.

“Lebih cepat, mudah, dan efisien. Tidak perlu lagi ngurus jauh ke Pangkalan Balai jika bisa diselesaikan di kantor camat saja. Program ini idenya sangat berlian dan patut menjadi kebanggaan Kabupaten Banyuasin,”kata Kholik, warga Kelurahan Sukomoro.

Usai meluncurkan Paten, Wabup bersama Unsur FKPD dan Para Kepala OPD dan para Camat menghadiri Rapat Koordinasi Forum FKPD Kab. Banyuasin di Aula Kantor Camat Talang Kelapa.

Ke Atas