try these out http://cinemantrix.com check out your url
Banyuasin

Perketat Pengawasan Kunjungan, Lapas Banyuasin Gunakan Stempel UV

Petugas Lapas Banyuasin Mengecek Pengunjung dengan sinal UV

Banyuasin, Banyuasinonline.com – Hari pertama Idul Fitri pada 1 Syawal 1439 H atau bertepatan dengan 15 Juni 2018, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin sudah ramai dikunjungi oleh para keluarga dan kerabat narapidana. Tercatat sebanyak 1.259 orang pengunjung pada hari pertama Idul Fitri 1439 H kali ini.

Kepala Lapas Kelas III Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan, Amd.IP., S.H., M.Si mengatakan Lapas Banyuasin memang memfasilitasi para narapidana di Lapas Banyuasin dan keluarganya untuk bersilaturahmi di hari yang fitri ini.

“Kami tidak membatasi jumlah pengunjung, karena kan Idul Fitri ini adalah hari yang spesial bagi umat muslim. Mereka (yang didalam) pasti sangat bahagia dan terobati bila dapat bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabatnya di hari yang penuh berkah ini,” kata Reza Yudhistira Kurniawan, Jumat (15/6).

Jumlah tersebut meningkat hingga dua puluh kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Pengunjung Lapas Banyuasin rata-rata sebanyak 50-200 orang. Pengunjung Lapas Banyuasin, menurut Reza, berasal tidak hanya dari Banyuasin tetapi juga dari daerah-daerah lain di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan dari luar wilayah Sumsel.

Meski tidak membatasi jumlah anggota keluarga narapidana yang berkunjung, pengelola Lapas Banyuasin tetap menetapkan waktu kunjungan selama 30 menit, untuk mengakomodasi semua pengunjung yang ingin masuk.

“Masuknya kami atur, kalau lebih dari 10 orang dibagi dua masuknya. Karena dengan ramai kunjungan seperti ini kan rawan juga,” ujar Reza yang alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan ini.

Untuk melayani para pengunjung, Lapas Banyuasin menyediakan tenda dan kursi-kursi untuk tempat mendaftar sekaligus menunggu giliran masuk. Pengunjung akan terlebih dahulu didata, diperiksa identitas, serta barang bawaan sebelum masuk ke dalam lapas.

“Untuk barang bawaan kami batasi yang boleh dibawa hanya makanan jadi. Ini untuk memudahkan proses pengecekan,” tutur Reza.

Selain itu juga untuk memperketat pengawasan lalu lintas pengunjung, Lapas Banyuasin melakukan inovasi penggunaan Stempel Ultra Violet (UV) bagi pengunjung di Pintu Utama.

“Setiap pengunjung yang masuk akan kita berikan Stempel UV dilengannya, stempel ini hanya bisa dideteksi menggunakan sinar Ultra Violet. Sehingga nanti dapat mempermudah petugas untuk memastikan yang keluar nanti itu betul-betul pengunjung” ujarnya.

Lapas Banyuasin memberlakukan dua kali waktu kunjung dalam sehari yaitu pukul 09.00-11.30 WIB dan 13.30-16.30 WIB. Lapas Banyuasin kini dihuni 1.071 narapidana dan tahanan yang sebagian besar terjerat kasus narkoba dan kriminal. (Rill)

Populer

STIA
Ke Atas