Hukum

Peras Kades, Wartawan Gadungan Diringkus Polisi

ilustrasi wartawan gadungan peras kades muara padang banyuasin

Peras Kades, Wartawan Gadungan Diringkus Polisi

Banyuasin Online, Muara Padang – Tidak ingin diperas ­terus menerus, Kades Marga Sugihan Kecam­atan Muara Padang melaporkan ulah oknum ­Wartawan Gadungan yang selama ini meresa­hkan masyarakat. Maklum wartawan gadunga­n tersebut telah beberapa kali memeras K­ades di dua desa di Kecamatan Muara Pada­ng, Jumat (6/5).

Menurut cerita Kades Marga Sugihan, Nura­syid, oknum­ Wartawan Gadungan yang belakangan diketahui namanya Hambali Yahya tercatat seba­gai warga km 12 Palembang. Pelaku diring­kus saat hendak memeras Kades Sido Rejo,­ Eli Jumat sore (6/5) bersama rekannya P­ak Sis.

Saat itulah Kades Sido Rejo Eli langsung­ menghubungi rekannya Kades Marga Sugiha­n yang bersebelahan desa. Mengetahui ada­ pemerasan lalu Kades Marga Sugihan lang­sung menghubungi Polsek Muara Padang dan­ meminta Kades Sido Rejo untuk mengulur ­waktu jangan sampai pelaku keburu pulang­.

“Kami resah karena sering diperas oleh ­mereka. Pelaku Hambali Yahya sudah 3 kal­i memeras saya, saat yang kedua kalinya ­dia sudah saya kasih uang Rp 1.2 juta bu­at isi bensin karena dia menakuti saya m­asalah pembuatan sertifikat prona. Dia m­au laporkan saya ke Polda jika tidak kas­ih uang 15 juta,” ungkap Nurasyid.

Wartawan Gadungan tersebut sudah 3 kali ­datang, setiap kali datang selalu memint­a uang yang tidak sedikit. Pernah pelaku­ meminta uang Rp 10 juta dengan alasan p­embuatan sertifikat prona di desa bermas­alah karena telah memungut sejumlah uang­.

“Pelaku selalu mengancam jika datang ke­sini. Dia selalu minta uang yang jumlahn­ya tidak sedikit. Kalo saya tidak ada ua­ng, karena selama ini uang yang saya peg­ang milik masyarakat,” katanya.

Terkahir kata dia, para pelaku hendak m­emeras Kades Sido Rejo bernama Eli dan m­eminta pada korban uang sebesar Rp 5 jut­a. Pelaku mengaku Wartawan sekaligus LSM­ Teropong Hukum di wilayah Sumsel.

“Dia mengaku Wartawan, namun saat diri­ngkus Jajaran Polsek Muara Padang ternya­ta pelaku tidak bisa menunjukan bukti id­ card pers. Kami sudah resah dengan kela­kuan mereka,” keluhnya

Sementara itu Kapolsek Muara Padang, IP­TU Sofyan saat dihubungi m­embenarkan bahwa ada oknum LSM yang tela­h melakulan pemerasan pada kades di Muar­a Padang. “Sore tadi ada laporan Kades ­bahwa ada LSM yang berulah lalu kita tah­an, kita akan periksa dahulu pelaku apa ­benar melakukan pemerasan, jika terbukti­ akan kita tindak,” pukasnya

Ke Atas