Kuliner

Pempek Krispi, Varian Baru Pempek Palembang

Pempek Krispi, Varian Baru Pempek Palembang

Foto hellopalembang.com

Kota Palembang memang surganya Pempek.  Surga? Ya surga! Sempat delapan tahun merantau dan keliling kota lain di Indonesia, saya belum pernah nemu pempek yang lebih enak daripada pempek di kota Palembang.  Karena kekhasannya, semua toko pempek di luar kota selalu menambahkan kata “Palembang” di belakang nama toko pempek mereka.  Pempek ya, bukan empek-empek.  Entah kenapa sering sekali masyarakat luar Palembang salah mengeja nama makanan satu ini menjadi empek-empek.

Menurut sejarahnya, pempek ini sudah ada sejak abad ke 16 di kota Palembang.  Kala itu banyak perantau dari Cina yang mulai masuk dan bermukim di kota ini.  Berdasarkan cerita rakyat yang tersebar, alkisah hiduplah seorang “apek” atau sebutan untuk lelaki Cina yang sudah tua, tinggal di daerah tepi sungai musi. Ia merasa prihatin melihat hasil tangkapan ikan di sungai Musi yang belum dimanfaatkan seluruhnya.  Oleh karena itu, ia memodifikasi hasil tangkapan ikan-ikan tersebut dengan tepung, dan voila! jadilah pempek yang dikenal sekarang.  Istilah pempek tersebut muncul karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek…. apek…” sehingga makanan yang dijualnya disebut dengan pempek.

Lucu ya sejarahnya? Hihihi meskipun kebenaran sejarah itu masih simpang siur, marilah kita kembali membahas tentang pempek.  Sebelumnya Hello Palembang telah membahas tentang berbagai varian pempek yang wajib coba.  Nah kali ini akan kembali diperkenalkan jenis varian baru yang akhir-akhir ini makin dicari oleh penduduk asli Palembang maupun para wisatawan yang berkunjung ke Palembang.  Namanya, Pempek Krispi.

Sesuai dengan namanya, Pempek Krispi adalah pempek yang diolah dengan digoreng crispy alias garing dan kriuk-kriuk ketika dimakan.  Sebenarnya pempek krispi ini tidak jauh berbeda dengan varian pempek kulit Palembang, hanya saja dipotong-potong terlebih dahulu sebelum digoreng kering.  Namun ada juga beberapa toko pempek yang mengola pempek krispi bukan dari kulit ikan seperti pempek kulit, namun menggunakan daging merahnya.

Jika Anda berkunjung ke Kota Palembang, silakan coba pempek krispi di beberapa tempat yang sudah mulai menyajikan varian ini, antara lain Pempek Ekspress (di mall Palembang Icon ataupun Palembang Square), Pempek Wawa (di mall Palembang Square ataupun Palembang Trade Center), Tahu Kok Dempo (Jl. Lingkaran di dekat MDP Lama), atau Pempek Vinno (di Pasar 26 Ilir).

Uniknya, pempek krispi ini tidak hanya dapat dinikmati dengan cuko alias kuah khas pempek, namun Anda bisa memodifikasinya untuk menjadi bahan campuran kuah model, atau kuah bakso ikan.  Anda tinggal langsung memasan kuah tersebut di toko yang menjual pempek krispi.  Selamat menikmati!

Sumber : http://hellopalembang.com/pempek-krispi-varian-baru-pempek-palembang/

STIA
Ke Atas