Pendidikan

Pemkab Banyuasin Akan Tindak Tegas Sekolah Yang Lakukan Plonco Ke Siswa Baru

plonco siswa baru banyuasin ilustrasi

Pemkab Banyuasin Akan Tindak Tegas Sekolah Yang Lakukan Plonco Ke Siswa Baru

Banyuasinonline.com, PANGKALAN BALAI – Pemkab Banyuasin melalui dinas pendidikan, akan menindak tegas sekolah yang masih melakukan plonco terhadap siswa baru, baik tingkat SMP maupun SMA. Jika ketahuan Diknas tidak segan-segan akan beri sangsi kepala sekolah, Selasa (21/6)

“Tidak ada plonco di Banyuasin, kalau ada yang kedapatan sekolah melakukan Ospek atau plonco. Kepela sekolahnya akan diberikan sanksi, bisa-bisa dicopot dari jabatan,” tegas Kadis Diknas Banyuasin Umar Usman, Selasa (21/6).

Menurutnya, Mendikbud telah mengeluarkan Permendikbud nomor 18 tahun 201‎6  tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, untuk mencegah tradisi ploncoan tersebut.

“Pada prinsipnya sekolah diperkenankan melakukan MOS (masa orientasi siswan) tapi harus diisi dengan kegiatan edukasi, bukan plonco,” jelasnya.

Pelaksanaan orientasi hanya boleh dilakukan para guru, tanpa melibatkan siswa kakak kelas maupun‎ alumni. Juga dilarang memberikan tugas kepada siswa baru berupa kegiatan maupun penggunaan atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa.

“Seperti pakai kuncit tali rapiah, tas karung, dasi jengkol atau atribut aneh-aneh lainnya tidak diperkenankan dan satu lagi tidak boleh ada pungutan apapun untuk itu,”  tegasnya.

Bila masih juga ada sekolah yang melakukan hal itu segera laporkan ke dinas pendidikan. Siswa, orangtua/wali, dan masyarakat dapat melaporkan dugaan pelanggaran atas Peraturan Menteri ini kepada Dinas Pendidikan setempat atau langsung ke Kementerian melalui laman http://sekolahaman.kemdikbud.go.id, telepon ke 021-57903020, 021-5703303, faksimile ke 021-5733125, email ke  laporkekerasan@kemdikbud.go.id atau layanan pesan singkat (SMS) ke 0811976929.

“Sekolah tidak dapat menuntut secara hukum atau memberikan sanksi dalam bentuk apapun kepada siswa, orangtua/wali, dan masyarakat yang melaporkan pelanggaran sebagaimana dimaksud kecuali laporan tersebut terbukti tidak benar,” pukasnya.

STIA
Ke Atas