Berita Sumsel

Pemerintah OKI Ajak Pemuda Bersama Bangun Daerah

Wakil bupati H M Rifa 'i SE menberikan Penghargaan terbaik karang taruna kecamatan pedamaran di terima wakil ketua karang taruan kecamatan pedamaran Alamasyah.

Kayuagung, Banyuasinonline.com-Keberhasilan pembangunan bukan hanya ditentukan oleh kerja pemerintah saja, tetapi juga sangat bergantung pada seberapa besar kontribusi yang diberikan masyarakat, salah satunya elemen pemuda. Oleh karena itu, Pemuda Karang Taruna (KT) harus jadi ‘motor’ penggerak perubahan.

Hal tersebut disampaikan Bupati OKI, H Iskandar, SE yang dalam kata sambutannya diwakili Wakil Bupati OKI, H M Rifa’i, SE pada acara peringatan hari Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Karang Taruna 2017 di gedung Kesenian Kayuagung, Senin (18/12/2017).

Wakil Bupati mengatakan, untuk mewujudkan semua itu, maka peran pemuda harus mampu mengidentifikasi masalah kesejahteraan sosial yang berkembang di tengah masyarakat. Selain itu, bisa memecahkan masalah yang ada, seperti maraknya kenakalan remaja, peredaran narkoba dan tawuran antar pelajar.

“Sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat keberadaan Karang Taruna,” ujarnya sembari mengatakan, kuncinya adalah bagaimana kita menyatukan energi melalui semangat kebersamaan, kesetiakawanan dan persatuan yang tulus.

Dilanjutkannya, membangun OKI dari desa akan terasa lebih sulit jika dilakukan sendiri, namun terasa ringan jika dilakukan bersama-sama.

Keberhasilan pembangunan bukan hanya ditentukan oleh kerja pemerintah saja, tetapi sangat bergantung seberapa besar kontribusi yang diberikan masyarakat, salah satunya dari elemen pemuda.

“Saya mengajak para pemuda mari bersama bahu membahu dalam rangka ikut mendorong dan mewujudkan karang taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan yang modern, kuat dan profesional, serta responsif terhadap setiap permasalahan sosial, khususnya yang terjadi di kalangan generasi muda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakannya, HKSN tahun ini mengambil tema ‘Kesetiakawanan Sosial Nasional Perekat Keberagaman’. Tema ini diangkat untuk mengingatkan pentingnya kebersamaan dalam keberagaman.

“Kita patut bersyukur bahwa kita dianugerahi wilayah yang sangat luas, serta memiliki keragaman budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang menjadi modal dasar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sabutan Kadinsos. Selaku Ketua Pembina Fungsional Karang Taruna, Amirudin didampingi Ketua Karang Taruna Kabupaten OKI, Maulidini S KM, mengatakan, inti dari acara ini adalah membangkitkan semangat dan kinerja para pemuda Karang Taruna agar menjadi penggerak pembangunan dari desa.

“Diharapkan seluruh kepala desa yang ada di kabupaten Ogan Komering Ilir agar selalu memberi dukungan kepada kader kita yang ada di desa dan juga bisa di berdayakan dan dengan adanya kegiatan ini pemuda Karang Taruna harus jadi motor penggerak perubahan di desanya masing-masing, yang selaras dengan program pemerintah yakni membangun OKI dari desa. Karena keberhasilan pembangunan bukan hanya ditentukan kerja pemerintah saja, tetapi juga sangat bergantung pada semangat dari elemen pemuda,” Unkapnya

Selain itu, Peringatan HKSN & BBKT tersebut diramaikan dengan menggelar bakti sosial di Kelurahan Ketadon Kayuagung, khitanan massal, donor darah dan penyerahan bingkisan untuk lansia secara simbolis. Kemudian dimeriahkan dengan festival band dari pemuda Karang Taruna se Kab OKI.

Editor : FSS

STIA
Ke Atas