Banyuasin III

Pedagang Mercon Mulai Membanjir

Pedagang Mercon mulai membanjir

Pedagang Mercon Mulai Membanjir

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Menjelang bulan Ramadhan, pedagang dadakan mulai bermunculan tidak terkecuali jual petasan, pedagang petasan (mercon) menjajakan dagangan mereka baik di pasar maupun di pinggir jalan diwilayah Banyuasin, Jumat (3/6).

Harga petasan yang dijual pun bervariasi dari yang paling murah hingga paling mahal. Seperti mercon kembang api bisa dijual 20-30 ribu perbuahnya. Begitu juga mercon letupan dijual lebih murah sekitar Rp 5 ribuan.

Seperti dikatakan salah satu pedagang mercon di pasar Pangkalam Balai, Juariah, mercon tersebut dia beli dari Palembang dengan partai besar, dirinya sengaja beli banyak karena seperti tahun-tahun kemarin peminat mercon cukup tinggi terutama anak-anak.

“Saya tiap tahun jual mercon, biasa jelang puasa ini banyak yang nyari terutama anak-anak, kalau tahun kemarin dagangan saya habis selama bulan puasa,” jelasnya.

Begitu juga dituturkan pedagang lain, Andra, menurutnya jual mercon merupakan dagangan musiman, hanya dijual saat bulan puasa dan menjelang hari raya. Dirinya setiap tahun nyambi dagang mercon karena untungnya lumayan.

“Kalau sehari-hari saya cuma tukang ojek dek, karena musim puasa ini jadi saya nyambi jualnya,mercon ini semua milik teman, saya hanya menjualkan dan diberi untung olehnya,” kata Andra.

Pedagang lain yang ada di jalan Palembang-Betung, Irma ditemani suaminya menjual mercon untuk mengais rejeki. Menurut dia mumpung bulan puasa ini bisa berjualan karena mercon banyak peminatnya.

“kan lumayan mas buat beli baju baru pas lebaran. Kalo kami beli mercon ini di agennya daerah Perumnas, harganya lumayan murah, jadi kami bisa ambil untung,” jelasnya.

STIA
Ke Atas