Berita Sumsel

OKU Timur Rumah Adat Bernama ‘Lembahan Limas Munggah Jaman’

OKU Timur Rumah Adat Bernama ‘Lembahan Limas Munggah Jaman’

Foto: Rumah Adat OKU Timur

MARTAPURA (beritasumsel.id) – Pemerintah Kabupaten OKU Timur tahun 2016 mendatang akan melakukan pembangunan rumah adat di Komplek Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Jakabaring Palembang.
Pembangunan rumah adat tersebut bertujuan untuk menunjang suksesi pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang.
“OKU Timur belum memiliki rumah adat. Berbeda dengan kabupaten lain yang sudah memiliki rumah adat. Kabupaten ini sudah berdiri selama 11 tahun jadi sudah semestinya memiliki rumah adat. Ke depan kita akan segera melakukan pembangunan rumah adat sebagai salah satu upaya dalam mempromosikan adat dan budaya kita,”
Menurut Richard, dengan adanya rumah adat tersebut masyarakat OKU Timur baik yang ada di daerah maupun yang ada di luar daerah tentunya akan bangga dengan keberadaan rumah adat tersebut.
Sementara H A Ramli Mustikaratu selaku ketua pemangku adat Kabupaten OKU Timur, didampingi Kepala Badan Pariwisata Seni dan Budaya Drs Hendri mengaku mendukung penuh wacana pembuatan rumah adat yang akan dibangun di wilayahJakabaring tersebut.
“Rumah adat nanti akan diberi nama ‘Lembahan Limas Munggah Jaman’ (Rumah Limas turun temumurun, red). Pembuatan rumah adat sebelumnya sudah pernah diwacanakan dan disepakati oleh para pemangku adat pada lokakarya 2007 lalu, namun hingga saat ini belum terealisasi,”

Ke Atas