Banyuasin II

Nelayan Sungsang Mendapat Pelatihan Tentang Pengolahan Ikan

pelatihan nelayan sungsang

Nelayan Sungsang Mendapat Pelatihan Tentang Pengolahan Ikan

Banyuasin Online, Sungsang – Sungsang merupakan daerah yang memiliki banyak nelayan, posisi geografis yang strategis dekat dengan laut membuat para warga mengadu nasibnya sebagai nelayan. Senin, (9/5) Sebanyak 35 nelayan dari 5 Desa Sungsang Kecamatan Banyuasin ll Kabupaten Banyuasin mendapatkan pelatihan penanganan dan pengolahan ikan hasil tangkapan di atas kapal nelayan. Senin, (9/5/2016) di gedung pertemuan kemaritiman kelautan dan perikanan Sungsang III Kecamatan Banyuasin ll.

Hadir dalam pembukaan pelatihan, Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin Yeyen Rahwati, kabid tangkap Subandi ,Ajeman UPTD TPI sungsang, kapal kepala Desa Sungsang 3 Amirudin Ham dan tamu undangan.

Ketua tim pelatihan Widya Iswara Tegal Agus Karim, materi pelatihan diberikan petugas  Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal, Kementerian Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan Perikanan serta Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banyuasin.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari kedepan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sungsang, materi diberikan 30 % teori dan 70 %  praktek langsung. Pelatihan bagi 35 nelayan Sungsang. “Jadwalnya 5 hari kedepan dengan porsi praktek langsung 70 perse, sisanya 30 persen teori,” terangnya.

Tujuan pokok pelatihan agar nelayan memiliki pemahamantentang pengolahan tangkapan ikan di atas kapal. Sebab bila penanganan hasil tangkapan ikan kurang baik maka kwalitas dan nilai jual ikan turun. Hal itu otomatis merugikan nelayan. “Kalau hasil tangkapan nelayan banyak, tapi pengolahan ikan diatas kapal buruk maka akan merugikan petani, inilah yang kita cegah,” pungkasnya.

STIA
Ke Atas