Bisnis

Marjoko, Melangkah Sukses Dengan Hidroponik

Marjoko, Melangkah Sukses Dengan Hidroponik

Foto: Usaha Sayur-sayuran Berbasis Media Tanam Hidroponik Milik Marjoko

Palembang (beritasumsel.id) – Jika sesuatu dilakukan dengan tekun, pasti akan meraih kesuksesan. Begitulah hikmah yang dapat kita ambil dari kisah perjuangan Marjoko (28) ketika mencoba berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan disekitar rumahnya.

Berawal dari keinginan menghijaukan lingkungan dengan keterbatasan lahan, kini Marjoko giat menekuni usaha sayur-sayuran Berbasis media tanam hidroponik. Bermodalkan pengetahuan yang didapat di dalam komunitas, kini dia sudah mampu untuk membuat lahan yang sebelumnya hanya lahan yang kosong tanpa tanaman bermanfaat menjadi lahan yang dapat bernilai ekonomis.

Ada tiga jenis tanaman yang sedang dibudidayakan olehnya melalui metode penanaman hidroponik ini. Yaitu fa cai, caisim dan slada.

“Untuk fa cai, butuh waktu 4-5 minggu untuk dapat dipanen. Sedangkan caisim dan slada sekitar 3-4 minggu”, ujar ayah dua orang anak ini.

Menurutnya, bertanam dengan media hidroponik ini salah satu keunggulannya, yaitu siklus hidup dan tumbuh tanaman hidroponik lebih cepat karena suplai makanan sebagai nutrisi lebih banyak sebagai pengganti unsur hara. Di mana, nutrisi dalam bentuk cairan yang dicampurkan dengan air yang mengandung mineral sebagai media angkut nutrisi ke tumbuhan.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanahdengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Kini dengan pengalaman praktek menaman dan berkreasi sendiri Marjoko telah menguasai cara membuat media tanam dengan hidroponik sehingga beliau sering dimintakan jasa konsultasi tentang cara dan membuat tanaman hidroponik, jika pembaca sekalian berminat untuk menguasai cara bertanam hidroponik dan butuh jasa konsultasi serta ingin berlangganan sayuran hubungi Marjoko di +6281278846226.

Tertarik Dengan Cara Bertanam Hidroponik?

STIA
Ke Atas