Banyuasin

KPUD Banyuasin pastikan di Tegal Binangun tidak ada TPS

BANYUASINONLINE.COM, PANGKALAN BALAI – Imbas masih bermasalahnya kawasan Tegal Binangun Jakabaring terkait tapal Batas Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuasin memastikan tidak ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) disana.

Hal ini ditegaskan, Ketua KPUD Banyuasin, Dahri menurutnya, untuk TPS di kawasan Tegal Binangun pihaknya tidak mau ambil risiko karena kawasan ini masih bersengketa perbatasan.

Dan untuk itu KPUD Banyuasin meniadakan TPS di kawasan Tegal Binangun untuk Pilkada Banyuasin ini. KPUD juga menyerakan sepenuhnya TPS ini ke KPUD Sumsel.

” Disana sepertinya tidak ada warga setempat memiliki KTP Banyuasin, semua masih memiliki KTP Palembang. Untuk itu kami serahkan sepenuhnya ke KPUD Sumsel.

Begitupun untuk kawasan Talang Buluh, pihaknya juga tidak mendirikan TPS karena kawasan ini juga masih bermasalahan dan KPUD menyerahkan sepenuhnya ke KPUD Provinsi Sumsel.

” Untuk di Talang Buluh ini kami mendirikan TPS di daerah perbatasan saja yang sudah pasti masuk wilayah Kabupaten Banyuasin,” terangnya.

Sebagai informasi, kawasan Tegal Binangun Jakabaring yang sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Banyuasin bersengketa dengan Kota Palembang. Warga setempat tidak ingin bergabung dengan Banyuasin.

Permasalahan ini kemudian diselesaikan oleh Gubernur Sumsel, membujuk Banyuasin membarter wilayah Tegal Binangun masuk ke kota Palembang dan Talang Buluh yang sebelumnya masuk Palembang ditukar menjadi masuk wilayah Kabupaten Banyuasin.

Kisruh perbatasan ini sempat menghebohkan masyarakat Sumsel sebelum ditengahi Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (Nes)

Ke Atas