Banyuasin

KPUD Banyuasin Coklit Serentak di 19 Kecamatan

PANGKALAN BALAI, BANYUASINONLINE.COM – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuasin melaksanakan kegaiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) Serentak. Sabtu (20/01) pada Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018.

Coklit Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) serentak dilaksanakan di 19 Kecamatan di lingkup Kabupaten Banyuasin yang dilaksanakan oleh PPDP dan di dampingi oleh Anggota PPK dan PPS diwilayah kerja masing-masing.

Dalam pelaksanaan Coklit, Komisioner KPU Banyuasin  beserta Sekretariat KPU pun turut mensukseskan Coklit serentak tersebut, mengingat Coklit ini adalah momentum bagi masyarakat untuk mengetahui diawal apakan mereka terdaftar atau tidak dalam proses pemutahiran data.

Ketua KPUD Kabupaten Banyuasin Dahri M. PdI  menjelaskan, petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan berkunjung ke rumah warga secara door to door untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4).

“Gerakan pencoklitan ini merupakan program KPU RI yang di laksanakan secara Nasional, begitupun KPU Provinsi Sumatera Selatan dan KPU di setiap Kabupaten/Kota ikut melaksanakan. Hal ini salah satu bentuk Keseriusan KPU Banyuasin untuk mensukseskan Pilkada serentak 2018,” ujar Dahri

Dikatakan Dahri, Untuk melaksanakan pelaksanaan coklit agar tetap kompak dan dapat di jadikan sebagai energi baru bagi setiap penyelenggara dalam melaksanakan tugas masing-masing.

“Dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018 ini, wajib melaksanakan pencoklitan yang di lakukan di setiap 5 kepala keluarga oleh setiap petugas PPDP. PPK, PPS wajib memonitor,” ucap Dahri.

Menurut Dahri, ada beberapa kriteria yang harus di lakukan pencoklitan hari ini, seperti Tokoh masyarakat, Agama, Adat, pensiunan TNI/Polri, Disabilitas, Pejabat, kaum marginal dan warga yang menikah di bawah umur. Dahri berharap semoga apa yang di laksanakan hari ini berjalan sukses dan aman dan menghasilkan data pencoklitan yang berkualitas.

“Mari kita wujudkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 di Banyuasin berlangsung sukses dan aman, dan tidak ada hambatan. Sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas yang di harapkan masyarakat,” imbuhnya

Sementara itu Komisioner KPUD Banyuasin Salinan S.Sos menjelaskan, dalam kegiatan coklit ini, secara teknis petugas PPDP berkunjung dari rumah ke rumah. “Mereka membawa data DP4, itu dicek dari rumah ke rumah. Apakah benar di rumah ini ada tiga atau empat orang yang sudah masuk hak pilih, dicek tanggal lahirnya, penulisan nama, jenis kelamin, alamat rumah, dan seterusnya,”  katanya.

Bahkan, kata Salinan, petugas PPDP juga harus mendata anggota keluarga yang sudah memiliki hak pilih tetapi belum terdata. “Mereka harus bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar. Mencatat yang harus dicatat, dan mencoret yang harus dicoret,” tuturnya. (Rel).

Populer

STIA
Ke Atas