Banyuasin

Kiprah KIBA Wakili Banyuasin Di Festival Kelapa Dunia

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Banyuasun sebagai penghasil kelapa terbesar di Sumatera Selatan. Namun hilirisasi produksi perkebunan kelapa ini belum banyak dilakukan di Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil pangan ini.

Dinas Koperasi, Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) & UKM Kabupaten Banyuasin tahun 2015 mencatat luas lahan perkebunan kelapa rakyat mencapai 47.285 hektare (Ha) dengan jumlah produksi sebanyak 44.269 ton kelapa.

Melihat potensi yang begitu besar sangat disayangkan jika hanya di eskpor begitu saja tanpa ada teluran produk ataupun hilirasasi produk kelapa rakyat.

Melihat peluang tersebut membuat PT. Krambil Idjo Banyuasin yang berlokasi di Tanjung Lago Banyuasin bersama Pemkab Banyuasin melakukan hilirasasi produk dari hasil olahan kelapa yang mempunya nilai tambah tinggi.

Direktur Utama PT. Krambil Idjo Banyuasin Taat Suyudana menjelaskan produk yang dihasilkannya meliputi berbagai macam seperti kosmetik, sabun, minyak goreng proses dingin atau healthy Coconut Oil, VCO, Coco Viber, Arang, Arang Aktif dan lain sebagainya.

Dia mengatakan dengan hilirisasi produk kelapa ini maka market pasar lebih luas dalam negeri dan luar negeri. “Mengenai produk tetap mengedepan mutu bahkan untuk melakukan produksi PT. KIBA langsung mendapatkan pengawasan dari Guru Besar UGM yakni Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Sc,”terang Dia.

Selain itu untuk melakukan operasional pihaknya menerapkan sistem inti plasa berbasis pemberdayaan ekonomi rakyat. “Kelompok-kelompok masyarakat terlibat dalam proses produksi sampai tahap tertentu namun control tetap dilakukan oleh manajemen PT.KIBA,”ujar Nanang.

Keberhasilannya dalam melakukan hilirisasi produk kelapa di Banyuasin, PT. KIBA dipercaya mewakili Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam Festival Kepala Dunia di Tembilang Indragiri Hilir, Riau pada 8-11 September 2017 kemarin yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau.

Dalam kegiatan di Festival Kepala Dunia, pihaknya menampilkan berbagai produk andalan KIBA dan ikut dalam pemecahan rekor muri aneka makanan dari kelapa dan berperan serta dalam temu Bisnis Berbasis Kelapa.

“Stand KIBA juga mendapat apresiasi dari Bupati Indragiri Hilir HM. Wardan, yang tertarik dengan konsep hilirasasi KIBA denga menerapkan inti plasma dan ekonomi kerakyatan bahkan kedepan Pemkab Inhil akan adakan kerjasama dengan KIBA,”pungkas Dia. (*)

STIA
Ke Atas