Berita Palembang

Proyek Tol Jokowi Diharapkan Bisa Pacu Ekonomi

Progres pembangunan pembangunan jalan Tol ruas Indralaya-Palembang

INDRALAYA, Banyuasinonline.com – Progres pembangunan pembangunan jalan Tol ruas Indralaya-Palembang seperti diketahui saat hasil kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, hingga saat itu baru Sesi I yang dibuka dan sudah dapat dilewati kendaraan. Namun untuk pembangunan Sesi II, jalan masih belum dapat dilewati kendaraan umum, sedangkan untuk Sesi III yang berlokasi dekat Kota Indralaya sudah hampir 80 persen selesai namun belum dibuka untuk kendaraan umum.

Persoalan yang muncul dalam pembangunan tol seperti pembebasan lahan, menurut Jokowi, pasti ada, bahkan juga terjadi di proyek Tol Palembang Inderalaya. Ia pun menanyakan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno untuk pembebasan lahan di Seksi II dan III Tol Palembang Inderalaya.

Pembangunan tol, baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa, akan memperkuat pondasi dalam menghadapi kompetisi global. Bahkan, ia menargetkan indeks kompetisi global akan lebih baik. Sebab, mobilitas barang dan orang lebih cepat, biaya transportasi lebih murah.

“Akhirnya harga-harga barang pasti akan murah. Tapi ini memerlukan waktu, karena belum selesai semuanya,” katanya.

Pembangunan jalur tol lainnya yang sedang digarap, yaitu di Sumatera Utara (Sumut), dari Kuala Namu, Medan, menuju ke Tebing Tinggi. Pihaknya juga mengharapkan proyek Tol Lampung dan Aceh akan bisa dimulai di tahun depan.

Khusus untuk Aceh, akan dibuat jalur tol dari barat-timur dan timur-barat. Hingga akhir tahun 2017, akan ada sekitar 580 kilometer jalur tol yang rampung dan bisa dilewati oleh pengendara.

Adapun pembangunan Tol Palindra yang dimulai sejak April 2015 ini menyerap biaya sekitar Rp 3,3 Triliun. Ada tiga Seksi Tol Palindra, yaitu Seksi I sepanjang 7,75 kilometer yang menghubungkan Palembang ke Pemulutan, Ogan Ilir.

Seksi II sepanjang 4,19 km dari Pemulutan ke KTM Ogan Ilir dan Seksi III sepanjang 9,8 km dari KTM ke Inderalaya Ogan Ilir.

Menurut Manajer Proyek Tol Palindra, Hasan Turcahyo, pihaknya saat ini belum bisa memutuskan berapa tarif yang akan dibebankan ke pengendara yang melewati gerbang tol tersebut.

“Nanti tarifnya akan ada lima golongan, dari kendaraan pribadi hingga truk bermuatan besar. Sekarang progres Seksi II sudah memasuki 30 persen, sedangkan Seksi III Tol Palembang Inderalaya sudah hampir 80 persen,” ujarnya.

Editor : Futri S. S

STIA
Ke Atas