Banyuasin III

Hebat! Setiap Malam Napi Narkoba di Lapas Banyuasin Setor 3 Juz

Banyuasinonline.com, PANGKALAN BALAI - Selama bulan Ramadhan kegiatan napi narkoba di lapas Banyuasin diwajibkan setor bacaan 3 jus surat setiap malam, sehi

Hebat! Setiap Malam Napi Narkoba di Lapas Banyuasin Setor 3 Juz

Banyuasinonline.com, PANGKALAN BALAI – Selama bulan Ramadhan kegiatan napi narkoba di lapas Banyuasin diwajibkan setor bacaan 3 jus surat setiap malam, sehingga ditargetkan selama bulan Ramadhan napi akan khatam Alquran hingga beberapa kali, Minggu (19/6).

Kegiatan itu merupakan rutinitas napi nakorba selama dalam tahanan. Tidak hanya itu napi juga diwajibkan menyuguhkan tausiah setiap hari dihadapan teman-temannya secara bergilir.

“Program ini sudah kita lakukan dan Alhamdulillah selama ini napi tertib dan hasilnya ada yang sudah keluar benar-benar insyaf dan kembali ke masyarakat dengan benar,” kata Adi Kasi Pembinaan Lapas Narkoba Banyuasin.

Selain itu didalam lapas napi juga disuguhkan siraman rohani dengan ceramah agama ustad yang sengaja diundang selama bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, khusus napi yang non muslim juga dibimbing khusus oleh guru rohaninya.

“Kita ingin tempat tehabilitasi ini benar-benar sebagai tempat perbaikan diri bagi mereka, yang ingin kami sentuh sisi emosionalnya sehingga mereka nanti menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tambah Adi.
Selain itu dilapas banyak kegiatan lain yang bermanfaat bagi napi seperti buat kerajinan tangan dari bambu seperti kursi dan meja. Kerajinan itu kadang dibeli oleh pengunjung lapas bahkan ada yang diminta oleh keluarganya.

“Pokoknya dilapas ini suasana seperti pondok, walaupun masih ada beberapa napi yang bandel namun kita selalu arahkan mereka agar jadi lebih baik,”jelasnya.

Saat ini kata ia yang menjadi kendala di lapas yakni keringnya air sumur. Sulitnya persediaan air membuat pengelola lapas harus putar otak dengan cara beli air menggunakan tanki ke pdam.

“Disini PDAM belum ada jadi terpaksa kita isi ke PDAM dengan tanki, air sangat terbatas untuk menampung semua penghuni lapas yang jumlahnya mencapai 588 orang ini,” jelasnya.

STIA
Ke Atas