Bisnis

Harga Karet Anjlok, Pasar Pangkalan Balai Sepi

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Anjloknya harga jual hasil perkebunan dipetani, seperti getah karet dan juga kelapa sawit berdampak terhadap daya beli masyarakat di pasaran. Sehingga menyebabkan aktivitas jualbeli di sejumlah pertokoan di pasar tradisional Pangkalan Balai Kelurahan Kedondong Raye Banyuasin tampak lenggang dan sepi dari kunjungan pembeli.

Sepinya pembeli akibat anjloknya harga perkebunan dikatakan Heri (35) salah seorang pedagang pakaian di Pasar tradisional Pangkalan Balai. Dia mengatakan, jika sepinya pembeli yang datang untuk berbelanja, diduga karena masih belum stabilnya perekonomian masyarakat saat ini. Sehingga berdampak dengan sepinya pembeli yang akan berbelanja.

“Kalau dikatakan kurang atau sepi pembeli di pasar tradisional Pangkalan Balai ini memang faktanya seperti itu, karena harga komoditi seperti karet dan sawit mengalami penurunan apalagi mayoritas pembeli inikan petani karet dan sawit, jadi dampaknya ke kita pedagang ini” ucapnya. Senin (12/6/2017).

Harga Karet dan sawit beberapa tahun ini memang mengalami penurunan, apalagi di wilayah Kabupaten Banyuasin penghasilan utamanya adalah kedua komoditi karet dan sawit, apabila harga kedua komoditi tersebut anjlok akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat di wilayah Sumatera Selatan juga.

Bagi pedagang pasar tradisional Pangkalan Balai, hal tersebut sudah biasa karena lima tahun lalu pembeli di pasar tradisional Pangkalan Balai masih cukup ramai, namun beberapa tahun ini hal tersebut tidak nampak lagi.

” Ada pembeli yang datang untuk berbelanja saja sudah bersyukur, sebab terkadang, dalam sehari hanya ada satu dua saja pembeli yang datang, karena bulan puasa ini masyarakat mengutamakan beli makanan untuk berbuka dibandingkan beli pakaian.” Tandasnya.(to/hs).

STIA
Ke Atas