Bisnis

Hampir 100 Persen Waralaba Minimarket di Banyuasin Tidak Ada Izin

minimarket banyuasin

Hampir 100 Persen Waralaba Minimarket di Banyuasin Tidak Ada Izin

Banyuasinonline.com, PANGKALAN BALAI – Meskipun Perda telah disahkan DPRD dan masih menunggu evaluasi Gubernur Sumsel, namun keberadaan mini market atau waralaba makin menjamur di wilayah Banyuasin tanpa mengantongi izin.

Seperti diketahui, waralaba bermerk Indomaret yang berada tidak jauh dari pasar tradisional Sukomoro, nampak sudah beroperasi sejak sepekan terakhir.

Ketua Pansus DPRD Banyuasin, M Yamin menegaskan, keberadaan waralaba itu sudah salah. Karena, dalam aturan yang dibahas antara pasar tradisional dengan waralaba harus memiliki jarak minimal 1,5 kilometer.

“Ini jelas menyalahi peraturan yang kita bahas beberapa waktu lalu. Tentu dipastikan usaha itu tidak mengantongi izin dan hampir 100 persen waralaba di Banyuasin tidak ada izin,” tegasnya.

Diakuinya, saat ini Perda tersebut belum dibakukan, karena masih membahas soal juknis dan masih dalam pembahasan oleh Gubernur Sumsel.

“Kami dan anggota Pansus akan terus mengawal aturan yang sudah kita buat, nanti kami akan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin,” katanya.

Ditegaskannya, dalam waktu dekat anggota Pansus akan sidak langsung ke lokasi, melihat apa yang menjadi pedoman mereka, sehingga bisa mendirikan waralaba dengan semaunya.

“Lihat saja nanti, kami (dewan) akan sidak. Jika tidak sesuai dengan Perda kami rekomendasikan agar izinnya tidak dikeluarkan BPT,” tegasnya.

Sementara, pemilik warung manisan, Safaruddin mengatakan, sejak berdirinya waralaba tersebut, adanya penurunan pada omset penjualan setiap harinya.

“Biasanya kami bisa pendapatan Rp250 ribu perhari. Tapi, sekarang ini untuk mencari uang Rp50 ribu pun sulit,” keluhnya.

Terlebih lagi, untuk di Kecamatan Talang Kelapa, saat ini telah berdiri puluhan waralaba, sehingga pedagang kecil seperti dirinya bakal gulung tikar.

“Kami berharap kepada pemerintah untuk memperketat izinnya,” katanya. (Palpres/rel)

Ke Atas