Banyuasin

Geger! Warga Seterio Temukan Bunga Rafflesia

Banyuasinonline.com | Seterio – Bunga yang lazim disebut bunga bangkai (Rafflesia) ditemukan oleh warga RT 24 Kelurahan Seterio, Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel, Kamis (15/12/2016).

Bunga petama kali ditemukan oleh Yek Jim salah seorang warga setempat yang beberapa waktu belakangan ini mencium bauk busuk yang menyengat seperti bauk bangkai.

“Setelah ditelusuri dan saya cari asal bau itu, teryata berasal dari bunga bangkai yang tumbuh di samping perkarangan rumah tetanggah saya,” sebut Yek Jim.

Bunga yang ditemukan tersebut berukuran dengan tinggi kurang lebih 70 cm,dan lebar 30 cm. Rafflesia merupakan endoparasitpada tumbuhan merambat dari genusTetrastigma (familiVitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima.

Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga sepertil alat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina.

STIA
Ke Atas