Banyuasin

Frans Handoko ST Menghimbau Pelanggan Agar Tidak Telat Membayar Tagihan Listrik

Frans Handoko ST "PLN Distribusi Rayon Pangkalan Balai serius menindak para pelanggan yang suka menunggak pembayaran tagihan listrik."

BANYUASIN, Banyuasinonline.com  – PLN Distribusi Rayon Pangkalan Balai serius menindak para pelanggan yang suka menunggak pembayaran tagihan listrik.
Mulai tahun ini mereka secara rutin melakukan tindakan tegas berupa pemutusan listrik sementara bahkan pembongkaran sambungan listrik total sebagai bentuk edukasi ke masyarakat.
Manajer PLN Rayon Pangkalan Balai Frans Handoko ST menjelaskan pihaknya akan melakukan pemutusan sambungan sementara saat pelanggan telat membayar tagihan selama satu bulan setelah tanggal 20 atau setelah melewati tanggal jatuh tempo.
“Tunggakan sebulan, dua bulan dikategorikan tunggakan lancar,” ujar Frans saat ditemui diruang kerjanya, Senin (20/11).
Menurut Frans, ada saja pelanggan yang nakal karena setelah diputus sementara, tetapi si pelanggan kemudian merusak segel agar bisa menikmati listrik kembali sebab belum diputus secara total. Namun, setelah bulan ketiga si pelanggan masih menunggak, pihaknya akan memutus atau membongkar seluruh aliran listrik ke pelanggan secara total.
“Di mata PLN, lewat 1 bulan putus, 3 bulan kita bongkar,” tambahnya.
Saat si pemilik rekening ingin memperoleh layanan listrik kembali setelah dibongkar, maka pelanggan bersangkutan harus mengajukan permohonan baru namun harus memenuhi berbagai persyaratan.
Untuk pelanggan tipe ini, pihaknya akan menggunakan meteran listrik pra bayar dengan memakai voucer isi ulang sehingga saat voucher habis, listrik langsung padam.
“Kalau ingin pasang baru harus melunasi tunggakan, melunasi denda, bayar biaya keterlambatan, dan membayar sebagai pelanggan baru,” katanya.
Frans mengungkapkan bahwa di Banyuasin ada empat wilayah yang listriknya menunggak sampai delapan bulan dan belum lunas diantaranya Pangkalan Balai, Sembawa, Betung, Sungai Lilin.
“Jadi saya menghimbau kepada para pelangan, pastikan anda telah membayar listrik sebelum tanggal 20 setiap bulan. Keterlambatan pembayaran setiap bulan akan dikenakan denda dan pemutusan sementara. Apabila menunggak 3 bulan atau lebih, akan dikenakan pembongkaran KWH meter dan pemyambungan kembali dapat dilakukan jika telah melunasi tunggakan dan membayar biaya pasang baru,”tegasnya .
Frans juga mengatakan untuk mewujudkan banyuasin terang jelas harus bersih tunggakan untuk mengembalikan uang negara dan meningkatkan PAD banyuasin juga masyarakat harus mengizinkan tanam tumbuhnya untuk ditebang.
Dikatakannya juga, bahwa pradakter PLN seluruh pelangan akan beralih ke prabayar. Menurutnya ada 8 keuntungan memakai listrik prabayar diantaranya :
1. Mudah, nyaman dan terkendali.
2. Bebas pencatatan meter.
3. Bebas sanksi pemutusan.
4. Bebas uang jaminan.
5. Bebas biaya beban bulanan.
6. Bebas biaya keterlambatan.
7. Privasi tidak terganggu.
8. Isi ulang mulai Rp. 20.000 (AS)

Editor : Futri S. S

STIA
Ke Atas