Berita Sumsel

Sumsel Akan Mengadakan Festival Sriwijaya ke XXV

Palembang-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera memberikan pertunjukan kepada masyarakatnya. Yakni, sebuah event hiburan berjudul Festival Sriwijaya ke XXV yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada 18-24 Juli di Benteng Kuto Besak Palembang.

Untuk memperoleh hasil maksimal, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel, Akhmad Najib, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, melakukan rapat persiapan acara Festival Sriwijaya bersama staf jajaran terkait di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur Selasa (12/7).

Najib mengharapkan, agar semua pihak dapat melakukan pekerjaan maksimal dan semua bisa berkontribusi untuk mendukung penyelenggaraan event hiburan tersebut, terlebih lagi untuk menyajikan kepada masyarakat suguhan tampilan menarik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga menuturkan, nantinya festival tersebut akan bertemakan Kerajaan Sriwijaya dengan kepemimpinan Raja Dapunta Hyang, serta diambil dari makna 44 batu prasasti yang akan diangkat Prasasti Talang Tuo dengan mengibaratkan Provinsi Sumsel dieranya adalah taman yang indah.

“Dengan ini kita juga menjaga sejarah. Dahulu Kerajaan Sriwijaya memiliki sistem pemerintahan sangat baik, sehingga kini pemerintahan provinsi memiliki sistem sangat baik,” terang Irene.

Kegiatan tersebut sekaligus dimeriahkan festival kuliner tradisional, parade budaya, lomba teatrikal cerita rakyat, lomba tari kreasi daerah, lomba pop daerah, lomba blog dan instagram. Saat acara puncak akan dilakukan pawai acara, melalui rute Taman Kambang Iwak melewati Jalan Merdeka hingga sampai di Pelataran BKB dimeriahkan seperti pawai budaya dari masing-masing 17 kabupaten/kota di Sumsel, marching band dan diiringi alat musik kesenian.

Festival ini juga menjadi fasilitas promosi wisata daerah Sumsel untuk menarik wisatawan berkunjung, juga sebagai upaya pelestarian kebudayaan khas daerah Sumsel untuk bisa memperkenalkan bagaimana budaya-budaya di Sumsel berkembang dan diangkat agar bisa dikenal kepada generasi ke depan.

Ke Atas