Berita Sumsel

Disnaker Bakal Sosialisasikan BPJS Kesehatan Langsung Kecamatan

Disnaker Bakal Sosialisasikan BPJS Kesehatan Langsung Kecamatan

Pertemuan Forum Komunikasi BPJS Kesehatan

Sekayu (beritasumsel.id) -Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Musi Banyuasin (Disnaker Kab.Muba) rencananya akan mengadakan sosialisasi di Kecamatan Sekayu dan Kecamatan Sungai Lilin mengenai BPJS kesehatan, dan sekaligus akan melaksanakan pendataan ulang yang akan disesuaikan dengan data yang ada. Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak Disnaker saat menghadiri pertemuan forum komunikasi BPJS kesehatan dengan pemangku kepentingan umum BPJS kesehatan di wilayah Kabupaten Muba, Senin (28/3/2016) di ruang rapat Sekda.

“Kami akan mengadakan sosialisasi BPJS ini di dua kecamata yaitu, di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Sekayu, tujuannya adalah untuk menyesuaikan data dengan baik dan benar guna menghindari hal yang tidak diinginkan,”ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Badan Penyelenggara Jaminana Sosial (BPJS) Kesehatan provinsi Sumsel, Dr. Sudarto, KS, AAK dalam paparannya menjelaskan BPJS tersebut merupakan badan usaha milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama PNS, penerima pensiun PNS, TNI/POLRI, Veteran, Perintis kemerdekaan, Badan Usaha Lainnya ataupun rakyat biasa.

“Peraturan Badan Penyelenggara jaminan sosial kesehatan nomor 1 tahun 2016 tentang tata cara pendaftaran, penagihan, pembayaran dan pelaporan iuran secara online bagi peserta pekerja penerima upah dari badan usaha dalam rangka kemudahan berusaha,”jelasnya.

Terakhir ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan MoU denganKemendagri, guna mengoptimalkan penyelenggaraan jaminan sosial di daerah tersebut. “Untuk pendaftaran BPJS kesehatan di wilayah Kabupaten Muba baru mencapai 34 persen dari jumlah penduduk 809.205 Jiwa, akan tetapi untuk setiap tahunnya terus mengalami peningkatan,”tutupnya.

Ke Atas