Banyuasin III

Desa Pangkalan Benteng Ikut Lomba Gotong Royong Tingkat Kabupaten Banyuasin

Desa Pangkalan Benteng Ikut Lomba Gotong Royong Tingkat Kabupaten Banyuasin

Banyuasinonline.com, Banyuasin – Desa Pangkalan Benteng kedatangan tim penilai Pelaksana Lomba Gotong Royong Tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2017, Selasa (21/2).

Camat Talang Kelapa Aminudin dalam sambutannya mengatakan, semangat kegotong royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal mulai mengalami penurunan. Salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk menumbuhkan kembali semangat kegotong royongan dan keswadayaan masyarakat yaitu dengan cara diadakannya lomba gotong royong secara berjenjang yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai tingkat nasional.

“Melalui lomba gotong royong diharapkan sedikit demi sedikit semangat kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat akan mulai tumbuh kembali yang nantinya diharapkan bisa mengakar, melembaga dan melestarikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga menjadikan masyarakat hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan, khususnya dalam bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan agama serta lingkungan,” ungkap Aminudin.

Sedangkan Tim Penilai Lomba Gotong Royong Terbaik Tingkat Kabupaten Banyuasin Firmansyah mengaku sangat terkesan karena masyarakat Desa Pangkalan Benteng sudah menunjukkan sifat gotong royong yang tinggi dengan paduan partisipasi masyarakat untuk hadir dalam penyambutan hingga berakhirnya tim melaksanakan monitoring.

“Maksud dan tujuan kami datang kesini adalah untuk mengingatkan kembali kelembagaan masyarakat, khususnya desa ini bahwa gotong royong sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan konsistensi desa serta bentuk partisipasi masyarakat dalam turut serta membangun desa,” ungkap Firmansyah.

Menurut Firmansyah, penilaian Lomba Gotong Royong Terbaik Tingkat Kabupaten tersebut mengacu pada empat indikator yaitu bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya dan agama serta bidang lingkungan hidup. Dirinya berharap, ajang penilaian ini dapat dijadikan pemacu semangat dalam pengabdian dan pencapaian kinerja sebagai abdi masyarakat, pelayan masyarakat dan pelaksana pembangunan.

“Khusus kepada tim penilai yang telah ditunjuk, kita meminta agar melakukan penilaian secara obyektif, jujur dan berani menetapkan LMK yang terbaik di tingkat Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Kepala Desa Pangkalan Benteng Arfani mengungkapkan bahwa kondisi keamanan desa sangat kondusif khususnya budaya gotong royong di dukung dengan swadaya masyarakat. Gotong royong tidak hanya berlaku kepada masyarakat, tetapi juga didukung dengan aparatur pemerintah beserta kesatuan Polri, TNI dan tokoh agama.

“Gotong royong dan swadaya masyarakat sangat besar dan tinggi. Sebagai gambaran kecil, di tiap keluarga sudah tertanam kehidupan yang merupakan adat murni masyarakat Pangkalan Benteng. Apalagi gotong royong ini sudah menjadi budaya dan tradisi setiap warga masyarakat desa,” ungkap Arfani.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemaparan oleh Arfani. Dalam paparannya Arfani banyak menjabarkan tentang perkembangan Desa Pangkalan Benteng berdasarkan indikator penilaian swadaya gotong royong masyarakat. (Tara).

STIA
Ke Atas