Betung

Daging Sapi Mahal, Warga Betung Sering Kehilangan Sapi

sapi di betung banyak hilang

Daging Sapi Mahal, Warga Betung Sering Kehilangan Sapi

Banyuasinonline.com, PANGKALAN BALAI – Sejak harga daging sapi mahal, saat ini mulai marak warga Betung kehilangan sapi karena dicuri. Sapi warga hilang saat di gembalakan di perkebunan karet maupun sawit. Ada juga sapi hilang saat di kandang, sapi hilang dibawa kabur pencuri, Selasa (21/6).

Modus pelaku pencuri hewan ternak itu ada yang langsung dipotong dalam kandang dan ditinggal bagian jerohan dan kepalanya, ada juga diracun dengan putas dan banyak juga yang dicuri hingga pemilik kebingungan mencarinya.

Seperti diceritakan salah satu warga Betung Giman, mengaku sapinya hilang ditempat areal pengembalaan dan ketahuan sapinya hilang setelah yang lain pulang ke kandang Senin (20/6) petang kemarin, ternyata ada satu ekor induk sapinya tidak ada dan berusaha dicarinya ditempat tetangga hingga pagi harinya masih juga tidak diketemukan

“Satu sapi saya tidak pulang dipastikan sudah dicuri karena tidak pernah kejadian ini sebelumnya,” kata Giman.

Menurutnya sekarang di Betung selama bulan Ramadhan ini jumlah sapi yang hilang sudah mencapai puluhan ekor, selain hilang dicuri ada juga yang mati diracun dengan putas ” Bukan saya saja banyak warga Betung ini hilang sapi karena setelah dicari-cari tidak ketemu,” jelasnya.

Warga yang kehilangan sapi di wilayah Betung kata Giman sudah banyak diwilayah Krawo, Bukit, Suka Mulya, paling selang dua hari saja pasti ada kabar sapi milik warga yang hilang dan aksi itulah yang bikin resah warga khususnya pemilik ternak sapi.

Masih kata Dia, memang biasanya warga yang kehilangan ternaknya enggan melapor kepihak berwajib, paling ada laporan hanya sebatas pada Ketua RT saja, karena dilaporkan juga pelakunya juga tidak pernah ada yang tertangkap dan ternaknya yang hilang pun tidak diketemukanya.

Aksi kawanan maling di Betung ini juga termasuk sudah merajalela, sepertinya hewan ternak saja yang menjadi sasaran apalagi mengetahui harga daging sapi saat ini melambung tinggi, seperti di Kampung Purbalingga Betung sekarang ini justru lebih meresahkan.

Terkait masalah ini Kapolsek Betung Akp Zulfikar saat dimintai konfirmasi mengatakan sejauh ini belum ada yang melapor namun menurutnya jika benar Polsek Betung tidak akan tinggal diam dan akan mengejar pelaku.

STIA
Ke Atas