Kesehatan

Cegah Penularan Virus TB dan HIV/AIDS, Lapas Banyuasin Gandeng Puskesmas Pangkalan Balai

Para WBP Lapas Banyuasin Mengikuti Penyuluhan TB dan HIV/Aids

Pangkalan Balai, Banyuasononline.com – Dalam rangka mencegah penularan virus TB dan HIV/AIDS dikalangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pangkalan Balai menggelar pemeriksaan serta penyuluhan TB dan HIV/AIDS, Rabu (28/2) di Aula Lapas Banyuasin.

Kegiatan rutin yang diikuti oleh 40 WBP ini dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan kepada WBP terhadap bahaya virus TB dan HIV/AIDS serta cara menghindari penularannya.

Dikatakan Henny Purnamasari, tenaga paramedis Lapas Kelas III Banyuasin, kegiatan tersebut merupakan program dari Lapas yang dilaksanakan secara gratis.

“Kegiatan ini sebagai langkah promotif dan preventif terhadap WBP agar terhindar dari virus TB dan HIV/AIDS,” bebernya.

Sementara itu Dr. Reviyani selaku Kepala Puskesmas Pangkalan Balai mengatakan WBP yang tinggal di Lapas rawan terkena virus penyakit sangat besar karena mereka berasal dari latar belakang berbeda.

“Dengan adanya kegiatan ini, selain dapat membantu program Puskesmas Pangkalan Balai, dapat juga membantu WBP di sini,” pungkasnya.

Ia menambahkan apabila ada WBP yang positif terjangkit virus TB dan HIV/AIDS usai pemeriksaan ini, maka akan dilakukan tindak lanjut dari puskesmas berupa pengobatan. (Rill)

STIA
Ke Atas