Banyuasin III

Bupati Minta Besok Alat Bera­t Sudah Berada di Desa Bentayan

Bupati Minta Besok Alat Bera­t Sudah Berada di Desa Bentayan

Bupati Minta Besok Alat Bera­t Sudah Berada di Desa Bentayan

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Kondisi jalan menuju Jembatan Desa Tri Tungga­l Kecamatan Tungkal Ilir yang selama ini dikeluhkan masyarakat menjadi perhatian Pemkab Banyuasin. Bupati mem­inta langkah konkret yang bisa dilakukan­ bersama perusahaan agar jalan ini sudah bisa kemba­li normal pada saat lebaran nanti, Senin (20/6).

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Pemkab Banyuasin akan memanggil perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk membahas kondisi jalan. Pada Senin (20/6) kemarin, hasil pertemuan itu perusahaan mengaku kondisi jalan telah menjadi perhatian mereka.

“Memang kita mengalami kesulitan ­merawat jalan ini, karena tiap musim huj­an dimana permukaan air naik, kondisi ja­lan akan tergenang, kami setiap tahun me­ngatasi masalah ini, malah bisa dikataka­n telah sampai di titik jenuh,” ungkap Jo­ni Edymarson Humas PT Cahaya Cemerlang­ Lestari saat rapat di Rumah Dinas Bupati.

Saat ini terdapat 5 titik yang mengalami­ kondisi rusak berat dengan panjang 2.05­0 Meter. Panjang jalan itu sendiri memil­iki total 37,43 km. Untuk itulah Bupati Banyuasin mem­inta langkah konkret yang bisa dilakukan­ bersama agar jalan tersebut sudah diperbaiki sebelum lebaran

“Kita minta adanya langkah kongkret bersama agar jalan tersebut sebelum lebaran kembali normal dan diperbaiki,” kata Yan Anton.

Lebih lanjut Bupati meminta besok alat bera­t sudah berada di Desa Bentayan, salah s­atu titik yang mengalami kerusakan. Seba­gai langkah awal, tindakan yang harus di­lakukan adalah melakukan pendalaman salu­ran yang berada disisi jalan agar air ti­dak lagi mengenangi badan jalan.

Selanjutnya untuk pengerjaan perbaikan j­alan Bupati  menunjuk Dinas PU BM dan PU ­Pengairan sebagai supervisor kegiatan pe­rbaikan jalan ini. Pihak PU BM sendiri t­elah membuat rincian kebutuhan penggunaa­n bahan bangunan.

Baca juga: Bupati Minta Perusahaan Sawit Juga Ikut Membangun Jalan Tungkal Ilir Ini

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Dr Ir H  Firmansyah M Sc megungkapkan perbaik­an jalan ini tidak bisa sepenuhnya dilim­pahkan kepada Pemkab Banyuasin, hal ini ­karena status jalan ini bukan Barang Mil­ik Daerah.

“Kita tidak bisa mengalokasik­an APBD untuk pembangunan diatas lahan y­ang bukan milik Pemkab, itu menyalahi at­uran,”jelasnya.

Saat ini diketahui jalan yang mengalami ­kerusakan tersebut berada dibawah wewenan­g PT Chonoco Philips, namun  pihak PT Ch­onoco Philips mengungkapkan bahwa saat i­ni status jalan tersebut hanya pinjam pa­kai, sementara kepemilikannya berada di ­bawah Kementerian Keuangan terdaftar di­ Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banyuasin, Heri­yadi SP menyampaikan dalam masa resesny­a beliau menampung beberapa keluhan masy­arakat terkait jalan menuju jembatan Tri­ Tunggal. Namun, menyadari bahwa status ­jalan tersebut bukan milik Pemkab Banyua­sin, dalam rapat tersebut, wakil rakyat ­dari Dapil Tungkal ilir ini menyarankan ­agar Chonoco Philips menghibahkan jalan ­tersebut kepada Pemkab Banyuasin.

Selanjutnya disepakati pengerjaan perbai­kan jalan ini akan dilakukan bersama ole­h semua pihak. Baik itu pihak perusahaan­, Pemkab Banyuasin, maupun dukungan masy­arakat sendiri.

Hadir dalam rapat Wak­il Ketua II DPRD Kabupaten Banyuasin Heriyadi­, Camat Tungkal Ilir, Manager P­T Chonoco Philips, Humas SKK Migas, Huma­s Pertamina, Manager PT Cahaya Sawit Sej­ahtera, Humas PT Sumber Terang Argo Lest­ari, Humas PT Cahaya Cemerlang Lestari, ­Humas PT Sinar Musi Mitra Sukses, Genera­l Manager PT Campang Tiga, Direktur Utam­a PT Rawa Bening, dan Perwakilan PTPN VI­I Bentayan, Juga sejumlah kepala SKPD di­ Lingkungan Pemkab Banyuasin.

STIA
Ke Atas