Bisnis

Banyak Perusahaan Tidak Kantongi Izin di Banyuasin

Banyak Perusahaan Tidak Kantongi Izin di Banyuasin

Banyuasinonline.com, Pangkalan Balai – Pihak Disnakertrans Kabupaten Banyuasin saat ini mencatat, masih banyak perusahaan yang ilegal di Banyuasin.

Hal itu disebabkan masih banyak perusahaan tidak memiliki syarat-syarat kerja dan perizinan yang lengkap dan legal. Hal itu dikatakan, Kepala Disnakertans Kabupaten Banyuasin Syarial melalui Sekertaris Disnakertrans kabupaten Banyuasin, Indra Junaidi.

Ia mengatakan, jika perusahaan yang legal di Banyuasin mencapai 270 perusaahaan yang di dominasi oleh perusahaan perkebunan dan industri, namun dari jumlah 270 perusaan tersebut masih di ketahui pihaknya kalau masih ada perusahaan yang belum terdaftar.

” Untuk perusahaan yang belum terdaftar kami masih belum terpantau, kami juga telah melaksanakan sosialisasi bagi pihak perusahaan yang belum memiliki atau belum memenuhi syarat syarat kerja, seperti belum adanya BPJS,” katanya.

Masih dikatakannya, diperkirakan perusahaan sudah memiliki kelengkapan kerja seperti perusahaan tersebut sudah memiliki BPJS.

“Diperkirakan ada kisaran 70 persen perusaan yang sudah memiliki syarat ketektuan serta telah mengikut sertakan karyawannya dalam jaminan BPJS kesehatan maupun BPJS kecelakaan kerja,”ungkapnya.

Jadi sekitar 30 persen lago perusahaan tersebut belum terdaftar baik dalam jaminan kesehatan BPJS maupun gaji yang di bawah UMK (Upah Minimum Kabupaten).

“Saat ini kita terus melakukan sosialisasi kepada perusahaan yang belum memiliki kelengkapan maupun perusahaan yang masih memberikan gaji kepada karyawan dibawah rata-rata UMK. Saat ini karyawan yang bekerja dibayuasin layak mendapatkan gaji sesuai dengan standar UMK yakni sebesar Rp 2,426,311 juta,” pungkasnya.

STIA
Ke Atas