Jurnalisme Warga

Karena Banjir Satu Rumah Ambruk di Desa Tebing Abang

Tebing Abang – Banyuasinonline.com – Karena banjir satu rumah ambruk di dusun 1 desa Tebing Abang kecamatan Rantau Bayur kabupaten Banyuasin. Banjir pun masih terjadi di beberapa desa di kecamatan Rantau Bayur seperti desa Tebing Abang, Rantau Bayur, desa Tanjung Tiga dan beberapa desa yang berada di pinggiran sungai Musi dengan ketinggian rata – rata 300 cm merendam perkampungan warga.

Saat korban Yandri (28) ditemui, menutur kan kejadian nya pada hari rabu tanggal 04 pebruari 2016′ pagi jam 11, Yandri (28) sekeluarga anak dan isteri nya berada di dalam ruma tiba-tiba Yandri merasa kan ada kelainan-kelainan dengan bergegas keluar rumah membawa anak dan isteri nya. Berselang beberapa saat, begitu terkejut nya Yandri sekeluarga melihat rumah yang di tempati nya ambruk sehingga di tafsir kan mengalami kerugian matrial puluhan juta.

Baca juga: Pemilik Angkutan Umum Wajib Berbadan Hukum

Sejauh ini korban belum mendapat kan perhatian yang bearti dari pemerinta kabupaten Banyuasin. Korban hanya mendapatkan bantuan berupa sembako dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Banyuasin.

Dengan terpaksa korban sekeluarga harus menumpang rumah orang tua nya terlebih dahulu sembari untuk memperbaiki rumahnya yang ambruk. Harapan Yandri sekeluarga, pemerintah kabupaten Banyuasin untuk turun kelapangan melihat secara langsung kejadian tersebut dan membantu.

Di ketahui dalam kurun satu tahun ahir ini khusus nya di desa Tebing Abang suda tiga 3 buah rumah yang ambruk dan 10 buah rumah yang rusak warga kecamatan Rantau Bayur meyakini hal ini di timbul kan oleh terjadi nya penurunan dataran tanah di permukaan pinggir sungai musi di akibatkan oprasional beberapa perusahaan batu bara yang mengguna kan akses sungai Musi untuk mengangkut batu bara menggunakan ponton berkapasitas 300 fied dengan muatan batubara 7000 ton/ ponton.

Dengan operasional perusahaan batubara yang berada (pelabuhan tikus) di wilayah kabupaten Pali sebelah  hulu kecamatan Rantau Bayur tepatnya bersebrangan dengan desa Tanjung Tiga, desa Tanjung Pasir dan desa Muara Abab. (Roni)

 

STIA
Ke Atas