Banyuasin

Bangun Komitmen Anti narkoba, Lapas Banyuasin Bersama Lapas Sekayu Gelar Apel Siaga

Kepala Lapas Kelas III Banyuasin Reza Yudhistira Kurniawan Saat Membacakan Arahan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dalam Apel Siaga "Gerakan Sapu Bersih". Senin (13/8).

Pangkalan Balai, Banyuasinonline.com – Seluruh jajaran dan anggota Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin berkolaborasi dengan Lapas Kelas IIb Sekayu, melaksanakan Apel Siaga di halaman Lapas Banyuasin, Senin (13/08/2018). Kegiatan yang bertemakan “Gerakan Sapu Bersih Narkoba” ini meliputi Apel Siaga, dilanjutkan dengan tes urin kepada setiap petugas hingga razia kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Kepala Lapas Kelas III Banyuasin Reza Yudhistira Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, apel siaga ini digelar sebagai momentum perubahan dan pembenahan di jajaran Pemasyarakatan.
“Diperlukan kedisiplinan, tanggung jawab, integritas, dan komitmen yang tinggi untuk memberikan pelayanan dan pembinaan yang optimal, terutama adalah penjagaan yang ketat”, ujarnya.

Selain itu, ia juga merasa sangat prihatin dengan kondisi adanya pemberitaan diluar sana tentang buruknya kondisi Lapas yang kerab kali menjadi sasaran para pengedar narkoba dalam menjajahkan barang haram tersebut kedalam Lapas.
“Tingginya kasus narkoba harus mendapat perhatian khusus bagi kita semua, karena perlu disadari dan akui, meski secara fisik mereka sudah dipisahkan dari masyarakat, namun pengaruhnya masih dapat merasuki pikirannya”, tambahnya.

Sementara Herman Sawiran, selaku Kepala Lapas Sekayu mengatakan perlu adanya peningkatan pengawasan bukan hanya kepada warga binaan melainkan kepada petugasnya pula.
“Saya sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena mengingatkan kepada kita khususnya petugas pemasyarakatan untuk memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya, seluruh petugas harus bersih dari narkoba agar menjadi tauladan bagi kita. Apabila telah bersih dari narkoba, maka akan lebih mudah melakukan pengamanan terhadap peredaran narkoba di lapas”, tutupnya. (Dera/Fadhil/*)

STIA
Ke Atas