Muba

12.5 Persen Hasil Lelang Lebak Lebung Kabupaten MUBA Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Ardiansyah, SE, MM

Sekayu, Banyuasinonline.com – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), adakan Lelang lebak lebung sepanjang 2017. Lelang tersebut ternyata melampui target sebesar 12,5 persen. Kenaikan tersebut, melampui hasil lelang lebak lebung pada 2016 yang lalu.  Senin, (8/1).

Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Ardiansyah, SE, MM mengungkapkan hasil lelang lebak lebung pada 2017 sebesar Rp 2.470.892.000, dari 11 kecamatan di Kabupaten Muba.

“Target kita sebesar Rp2.200.000.000, hasilnya kita melampuinya. Sedangkan 2016, targetnya hanya Rp 1.785.833.000, -, “terangnya

Dikatakan dari hasil lelang yaitu 70 persen, mau ke kas desa, 20 persen akan ke kas derah, sedangkan 10 persen untuk pelaksanaan lelang.

“Lelang lebak lebung merupakan pendapatan asli derah, sehingga sungai dan anak sunga yang memiliki nilai produktif akan dilakukan pengelolaan yang optimal,” katanya.

Meski dilakukan pengelolaan atau lelang, para pemenang tetap diberikan rambu-rambu atau aturan tegas berkaitan pelaksaan dilapangan.Tidak merusak ekosistem udara atau sungai tersebut.

“Sesuai Peraturan Derah (Perda) No 18 tahun 2005, tidak melakukan aktifitas yang sedang merusak ekosistem mahluk hidup.Tentunya dengan menggunakan racun atupun setrum, “tegasnya.

Diharapkan dengan lelang lebak lebung ini, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap ada alternatif lain untuk meningatkan masyarakat, selain komoditi pertanian,” tutupnya.

Editor : FSS

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × 3 =

STIA
Ke Atas